Blog

Aku Ngobrol Bareng MPR RI

Kota Medan mendapat kesempatan sosialisasi dari perwakilan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI). Kunjungan khusus ini dihadiri oleh puluhan penggiat media sosial dan juga blogger. Kegiatan ini berlangsing di Grand Swiss-Belhotel Medan, Jum’at (20/04/2018).

Perwakilan dari MPRI RI berkunjungan ke Kota Medan yaitu Kepala Biro Humas Setjen MPR Siti Fauziah dan Kepala Bagian Pusat Data dan Informasi (PDSI) Setjen MPR RI Andrianto Majid. Dalam agenda rangkaian sosialisasi Empat Pilar MPR RI, yakni Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Itu materi intinya, di bawah ini juga akan dijelaskan bagaimana sebenarnya bentuk implementasi yang akan dilakukan. Namun, dalam kegiatan ini saya berkesempatan diberikan waktu untuk ngobrol langsung ‘saling tatap’ kepada perwakilan dari MPR RI yang berkunjung ke acara keren ini yakni sebagai perwakilan dari blogger Medan, yang mungkin saya dianggap sebagai senior. Namun, bukan materi yang ‘hot’ ataupun pesan yang wow yang saya sampaikan. Namun, bentuk apresiasi yang luar biasa wajib disampaikan karena kita diberikan kesempatan untuk saling ngobrol, dan itu saya anggap suatu yang luar biasa keren. “Salut untuk tetap bisa ikut dalam berkegiatan seperti itu” itu yang mau saya sampaikan, salam empat pilar! Terimakasih.

Nah, berikut ini bentuk dan harapan dari sosialisasi dari MPR ini melalui blogger adalah kawan-kawan penggiat menulis di Kota Medan ini bisa menuliskan serta menyampaikan pesan untuk membangkitkan semangat kesatuan. “Tujuan utamanya adalah untuk mengingatkan khalayak akan empat pilar tersebut,” ucap Siti Fauziah.

Adapun upaya untuk memperkuat semangat empat pilar tersebut, contohnya, lanjut Siti Fauziah, saya cinta Indonesia. Atau salah satu uraian dari Pancasila.”Itu bisa membangkitkan semangat kebangsaan.”

Selain itu, cara lainnya adalah dengan membuat lomba cerdas cermat. Melalui seni dan budaya, sosialisasi yakni menggelar wayang kulit. Yang mana diarahkan penyampaiannya tetap dalam unsur empat pilar. “Seperti gotong royong, kerjasama, dan lainnya.”

Oleh karena itu, peran kita semua untuk menjadikan budaya kita agar tidak mudah punah. Pelaksanaan-pelaksanaan yang tujuannya untuk upaya menguatkan sisi budaya di Indonesia ini bisa juga dengan cara melestarikan budaya pantun, puisi dengan tema empat pilar.

Diketahui, bahwa Kota Medan merupakan kota pertama dari bentuk sosialisasi empat pilar MRP RI ini. Yang dalam kegiatannya, para penggiat media sosial dan blogger saling melontarkan pertanyaan ke pihak MPRI RI. Sehingga terjalin keakraban dan tentunya acara semakin menarik yang dikemas dengan upaya bersama-sama memberi masukan yang membangun untuk meningkatkan kembali empat pilar MPR RI tersebut.

Terakhir, pesan yang disampaikan di kegiatan ngobrol bareng MRP RI ini adalah kita para blogger dan penggiat media sosial diharapkan tidak mudah untuk percaya terhadap informasi yang tidak benar sumbernya.

 Ngobrol Bareng MPR RI

Blogger Medan Ngobrol Bareng MPR RI

Blogger Medan Ngobrol Bareng MPR RI

2 Comments

    1. Tuh lah, tetangga baru tauuuuuu.. Nanti dikabar-kabariii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *