Mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas

Alat Pemuas Kebutuhan Sifatnya Terbatas!

Mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas? Berbicara tentang alat pemuas kebutuhan memang tidak ada habisnya. Alat pemuas dibagi menjadi dua jenis.

Yaitu barang konkret yang memiliki manfaat secara langsung, seperti TV, mobil, dan motor. Kedua, barang abstrak yang tidak berwujud seperti pelayanan jasa.

Semua itu tidak bisa didapatkan dalam jumlah yang banyak, ada beberapa alasan yang membuatnya terbatas.

Dinamakan pemuas kebutuhan karena dengan keberadaannya manusia bisa memenuhi semua yang diinginkan. Walaupun suatu saat pasti akan ada barang lainnya, karena sifat dasar manusia yang tidak pernah puas. Simak beberapa poin ini untuk mengetahui alasan kenapa sifatnya terbatas:

Alam Menyediakannya Terbatas

Anda perlu tahu jika minyak, gas, tembaga, dan lain-lain mampu memenuhi kebutuhan, contohnya digunakan oleh ibu rumah tangga untuk memasak. Alasan pembeliannya sudah ditakar dan dibatasi sedemikian rupa karena persediaan di alam juga terbatas.

Minyak, gas, timah, atau tembaga jika diambil secara terus menerus maka akan habis. Bisa terbaharui, namun jangka waktunya sangat panjang, sedangkan manusia tidak boleh egois dengan tetap harus memikirkan anak cucunya kelak.

Hal tersebutlah yang menjadikan alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas dan perlu usaha untuk mendapatkannya. Contohnya, Anda harus membeli Rp. 20.000 untuk tabung gas elpiji dengan ukuran yang kecil.

Manusia Memiliki Keterbatasan dalam Mengolahnya

Alasan kedua, ternyata manusia juga memiliki keterbatasan dalam mengolah sumber daya yang ada, sehingga dibantu dengan teknologi agar produksi dilaksanakan secara cepat.

Sayangnya, teknologi tersebut belum sepenuhnya mampu memenuhi kebutuhan manusia yang tak ada habisnya.

Manusia harus terus belajar untuk mencari cara bagaimana agar kehidupan terus berjalan. Tak heran, jika mesin-mesin produksi harganya sangat mahal dan limited edition.

Kebutuhan Manusia yang Banyak

Terakhir, karena kebutuhan manusia yang sangat banyak, sehingga baik alam ataupun teknologi tidak akan mampu memenuhinya tanpa ada aturan yang membatasinya. Selain itu, berpotensi menimbulkan konflik jika tidak benar-benar diatasi dengan baik.

Anda pasti pernah mencari satu barang yang ternyata saat ini sudah sangat langka, bukan? Itu karena kebutuhan manusia yang tak terbatas dan tidak diimbangi dengan sumber daya yang ada, maka terjadilah kelangkaan. Hal tersebut merupakan permasalahan yang sangat sering dirasakan oleh Indonesia.

Artikel Terkait

Leave a Comment