Aplikasi Online Kredit Tanpa Agunan

5 Tips Tepat Memilih Aplikasi Online Kredit Tanpa Agunan

Meskipun seorang pemula dan membutuhkan uang dengan cepat bukan berarti bisa sembarangan memilih aplikasi pinjaman online. Supaya uang yang dibutuhkan bisa diperoleh dengan cepat sebaiknya memilih aplikasi online yang menawarkan fasilitas kredit tanpa agunan atau jaminan. Banyak kelebihan yang akan didapatkan jika menggunakan aplikasi online kredit tanpa agunan.

Mengingat banyaknya aplikasi pinjaman online yang menawarkan fasilitas kredit tanpa agunan, Anda tidak boleh salah pilih. Sebelum memilihnya, inilah 5 tips memilih aplikasi online kredit tanpa agunan.

Terdaftar di OJK

Meskipun pinjaman online kredit tanpa agunan, Anda wajib memastikan bahwa aplikasi tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Otoritas ini berperan dan berwenang dalam mengatur dan mengawasi semua aktivitas lembaga keuangan yang ada di Indonesia.

Aplikasi online kredit ini biasanya memiliki keterangan terdaftar di OJK di situs resminya. Keterangan ini biasanya tertera di bagian bawah situs. Cara lain untuk melihatnya adalah pada keterangan informasi yang tertera di aplikasi yang ada di google play store atau app store.

Biaya Harus Jelas

Kredit tanpa agunan bukan berarti segalanya mudah dan transparan. Sebelum menggunakan aplikasi online kredit tanpa agunan ini Anda sebaiknya mempelajari terlebih dahulu segala macam biaya yang dibebankan. Beberapa biaya yang sering muncul di antaranya adalah biaya tanda jasa setelah pinjaman disetujui, biaya administrasi, bunga, denda apabila terlambat membayar cicilan dan penalti apabila pelunasan dipercepat.

Anda harus memastikan bahwa perhitungan biaya-biaya yang dibebankan tersebut clear and clean di awal. Contoh perhitungan biaya denda apakah dihitung per bulan, per minggu atau seterusnya. Hitungan persentase penalti pun harus jelas, jangan sampai menyesal di kemudian hari

Persyaratan yang Diminta

Beberapa aplikasi pinjaman online memberikan syarat yang mudah, seperti KTP dan pas foto. Beberapa aplikasi lainnya harus menyertakan KTP, pas foto, kartu keluarga, rekening listrik, dan bahkan NPWP serta SIUP bagi calon debitur berupa pengusaha.

Namun apabila pihak pengelola aplikasi online kredit meminta foto kartu kredit, Anda jangan mau memberi dan jangan menggunakan aplikasi tersebut. Nomor kartu kredit merupakan rahasia, terutama tiga digit nomor yang ada di belakang kartu. Nomor tersebut merupakan alat yang dapat digunakan untuk validasi transaksi.

Pengajuan Fleksibel

Produk kredit tanpa agunan yang dikeluarkan oleh sejumlah bank memiliki keterbatasan. Kredit yang harus diambil biasanya di atas Rp. 5 juta, cicilan minimal 6 bulan dan ada denda apabila pelunasan dipercepat.

Berbeda halnya dengan kredit online dengan menggunakan aplikasi, yakni lebih fleksibel. Diantaranya adalah kredit lebih rendah bahkan ada dari Rp. 1 juta, masa pinjaman ada yang harian dan tidak ada denda. Fleksibilitas merupakan hal yang paling krusial ketika mengajukan kredit, terutama tanpa agunan. Jadi Anda harus mempertimbangkan poin ini sebelum memutuskan mengajukan kredit.

Coverage Area

Apabila Anda tertarik untuk mengajukan kredit tanpa agunan pada aplikasi online sebaiknya mempertimbangkan coverage area. Layanan tidak hanya terbatas pada kota-kota tertentu, seperti Jakarta dan sekitarnya.

Pihak penyedia kredit harus memiliki layanan yang luas. Hal terkait dengan data pertumbuhan kredit online yang cukup tinggi beberapa tahun terakhir. Namun banyak nasabah yang mengeluh tentang layanan yang harus diperoleh apabila berada di luar domisili atau di luar kota.

Salah satu aplikasi pinjaman online terbaik yang menawarkan fasilitas kredit tanpa agunan adalah Tunaiku. Banyak keuntungan yang akan diperoleh jika meminjam uang melalui aplikasi tersebut. Keuntungan tersebut seperti bisa meminjam uang hingga 20 juta rupiah dan juga suku bunganya rendah.

Keuntungan lainnya yaitu persyaratan yang diminta sangat mudah serta proses pencairan dana dilakukan dengan cepat. Tidak perlu khawatir aplikasi pinjaman ini sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Dengan begitu, kredibilitas dari Tunaiku sudah bisa dipertanggungjawabkan secara hukum.

Tidak hanya itu, Tunaiku juga memberikan masa tenor yang panjang untuk para kreditur. Masa tenor tersebut mencapai 20 bulan lamanya. Dengan masa tenor itu, para kreditur bisa lebih ringan untuk membayar angsuran Tunaiku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *