benua

Kepadatan Penduduk : Pedalaman Benua vs Bagian Pesisir Benua

Mengapa bagian pedalaman benua lebih rendah kepadatan penduduknya dibandingkan bagian pesisir benua? Pertanyaan itu akan kita bahas di tulisan berikut ini.

Anda pasti pernah mendengar istilah benua dan berpikir, kenapa penduduk lebih banyak menempati bagian pesisirnya dibandingkan dengan pedalaman? Secara umum pelajaran yang mampu menjawabnya adalah Geografi yang dirangkum pada pembahasan di bawah ini.

Pengertian Benua dan Macam-Macam Modelnya

Kata lain dari benua adalah kontinen yang artinya suatu daratan yang sangat luas, lokasinya berada di permukaan bumi. Hal ini mengakibatkan bagian tengah benua tidak akan langsung terpengaruh angin laut. Ada beberapa model yang tersebar di seluruh dunia, di antaranya adalah:

1. Model Tujuh Benua

Tujuh benua merupakan model yang sering diajarkan di beberapa negara, seperti Filipina, Tiongkok, India, dan Indonesia. Tak terkecuali Eropa bagian barat dan negara lain yang menggunakan bahasa Inggris.

2. Model Enam Benua Eurasia

Model enam benua Eurasia menggabungkan negara Rusia, Jepang, dan Eropa Timur. Anda pasti sudah pernah mendengarnya di pelajaran Geografi.

3. Model Enam Benua Amerika

Model ini digabungkan menjadi satu dan digunakan di beberapa negara, seperti Rumania, Amerika, Italia, dan sebagian Eropa.

4. Model Lima Benua

Terakhir adalah model lima benua yang didapatkan dari model enam benua tanpa menyertakan Antartika yang tidak berpenghuni.

Alasan Bagian Pedalaman Benua Lebih Rendah Kepadatan Penduduknya

Jawaban kenapa bagian pedalaman memiliki tingkat kepadatan penduduk lebih rendah dibandingkan dengan pesisir adalah karena lebih terjangkau dalam segala hal. Contohnya adalah transportasi, distribusi makanan dan minuman, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Keterbatasan akses dalam beberapa hal membuat orang pedalaman lebih sulit memenuhi kebutuhannya. Sedangkan, manusia sudah kodrat aslinya tidak akan pernah merasa puas dan akan selalu mencari jalan termudah untuk mendapatkannya.

Hal tersebut secara lebih jauh mengakibatkan perdagangan dan perkembangan ekonomi lainnya menjadi sulit berkenbang. Berbeda dengan masyarakat pesisir yang bisa memanfaatkan hasil laut untuk menghasilkan pundi-pundi ekonomi.

Mereka bisa dengan mudah memanfaatkan transportasi, baik antar daerah ataupun negara. Contohnya saja Surabaya, Semarang, dan Jakarta yang lokasinya dekat dengan pesisir laut Jawa, tingkat kepadatan penduduknya sangat tinggi dibandingkan dengan yang tinggal di pegunungan.

Hal serupa juga terjadi di negara lain seperti Kota Hanoi di Vietnam dan kota di pesisir China Selatan. Padatnya penduduk dikarenakan kemudahan perdagangan, pelayanan, dan sarana prasarana yang sudah terpenuhi.

Semoga dapat menjawab pertanyaan tentang mengapa bagian pedalaman benua lebih rendah kepadatan penduduknya dibandingkan bagian pesisir benua, ok ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *