Mengapa volume termasuk besaran turunan

Volume Termasuk Besaran Turunan

Tahukah Anda bahwa sebenarnya volume itu termasuk dalam besaran turunan? Jadi, dalam ilmu Fisika, besaran itu terbagi menjadi dua klasifikasi, yakni turunan dan pokok.

Nah, besaran turunan dan besaran pokok ini menjadi bahan yang wajib untuk dipahami dalam materi pengukuran.

Sekalipun besaran turunan dan pokok adalah hal yang berbeda, tetap saja keduanya ini saling berkaitan antara satu sama lain. Berikut adalah penjelasan mengenai perihal volume yang masuk dalam besaran turunan :

Jenis Besaran

Sebelum mengulas alasan mengapa volume termasuk besaran turunan, Anda perlu mengetahui jenis besaran beserta pengertiannya.

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, dalam ilmu Fisika ini ada dua jenis besaran yang terbagi menjadi:

Besaran Pokok

Besaran pokok merupakan satuan yang sudah ditetapkan sebelumnya dan menjadi besaran yang terbilang paling dasar.

Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang dihitung dari dua atau lebih pengukuran.

Alasan Volume Termasuk Besaran Turunan

Nah, volume yang diturunkan tidak dapat diukur secara langsung dan hanya dapat dihitung. Banyak besaran turunan dihitung dalam ilmu Fisika. Contohnya adalah luas, volume, dan kepadatan.

Sebagian jenis besaran sendiri adalah hasil turunan yang terbuat dari adanya besaran pokok. Besaran pokok biasanya menghasilkan 2 atau lebih besaran turun. Lalu, mengapa volume itu adalah bagian dari besaran turunan? Hal ini disebabkan besaran pokok yang membentuk volume.

Cara pembentukannya ini bisa diamati dari satuan besaran volume, yakni meter kubik. Dari satuan inilah, maka Anda bisa memahami bahwa besaran volume ini terbuat dari besaran panjang dengan jumlah pengalian 3 kali.

Apabila ditulis dalam bentuk rumus, maka bentuknya adalah seperti ini:

Volume adalah Panjang x Panjang x Panjang atau m x m x m = m3

Satuan turunan disebut volume karena merupakan hasil kali dari satuan dasar lainnya. Satuan dasar luasnya adalah meter kubik (m³) untuk volume.

Menurut unit turunannya, hal ini mengacu pada kuantitas tertentu yang tidak dapat diukur secara langsung dengan perangkat apa pun. Misalnya, Anda tidak dapat mengukur kepadatan suatu zat dengan aturan, skala, atau ember. Massa jenis adalah massa dibagi volume.

Volume sudah diturunkan dari panjang dan panjang diukur dalam meter kubik, sebagaimana rumus yang ada di atas. Melalui penjelasan ini, maka bisa dibuktikan bahwasannya volume masuk dalam klasifikasi besaran turunan.

Artikel Terkait

Leave a Comment