Bisnis Air Isi Ulang Yang Menguntungkan di Indonesia

Ekonomi di Indonesia mengalami peningkatan setiap periodenya, salah satu instrumen bisnis adalah bisnis air isi ulang. Besarnya pangsa pasar membuat prospek dalam bisnis ini besar, dengan catatan dilakukan dengan tekun.

Sehari manusia normal dianjurkan minum 8 gelas untuk satu orang.

Bayangkan jika dalam lingkungan keluarga ada 4 orang total sehari 32 gelas per hari. Jika begini galon air paling tidak 3 hari sudah habis. Nah, peluang inilah yang menjadi jalan menuju kesuksesan dengan bisnis air isi ulang sangat besar.

Untuk lebih membuat kamu yakin, aku membuat artikel ini khusus untuk kamu semua.

Peluang Bisnis Air Isi Ulang di Indonesia

Penduduk Yang Besar

Indonesia memiliki lebih dari 250 juta jiwa. Angka ini menjadi harta karun bagi para pebisnis. Mereka mudah menjual produknya. Termasuk bisnis air isi ulang. Sekarang siapa sih yang ga membutuhkan minum air bersih, semua butuh kan. Tugas kamu adalah memilah mana calon pelanggan kamu dan mana yang bukan.

Jemput mereka atau undang mereka agar tahu bisnis kamu. Tempatkan bisnismu di jalur atau di tempat dimana pelanggan kamu tinggal.

Kebutuhan Air Bersih

Penduduk desa mungkin tidak akan terlalu tahu dengan permasalahan ini. Namun yang tinggal di kota pasti mengerti kalau air bersih di kota besar sangat langka. Apalagi yang tinggal dekat pabrik. Limbah pabrik akan memperngaruhi zat yang ada di dalam air.

Zat berbahaya ini akan menjadi hal yang serius jika masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, untuk membantu permasalahan ini, bisnis air isi ulang dinilai sangat penting untuk menjadi tempat penyedia air minum yang layak. Peluang ini berhasil dimanfaatkan oleh pelaku usaha air isi ulang, mereka sukses meraup keuntungan besar tiap bulannya.

Harga Air Galon Kemasan Mahal

Aku juga melihat ini sebagai peluang. Sebagian masyarakat merasa harga air galon di supermarket mahal.

Bayangkan untuk satu galon butuh belasan ribu rupiah. Berbeda dengan air isi ulang yang butuh 5.000 saja di setiap pengisiannya. Tentu untuk yang mempunyai perencanaan keuangan yang baik memilih menggunaka air isi ulang.

Murah tapi bukan murahan. Air isi ulang mengalami proses penyaringan yang ketat dan harus mengantongi izin dari dinas kesehatan setempat.

Alasan Kesehatan

Masa pandemi seperti ini orang-orang butuh asupan air yang baik dan bermineral. Tak heran jika bisnis lain mengalami mati suri, tidak dengan bisnis air isi ulang di Indonesia. Malah tambah ramai. Kesadaran untuk menjaga kesehatan dimulai dari air yang dikonsumsi. Apabila air yang diminum baik, daya tahan tubuh juga akan baik.

Cara Memulai Bisnis Air Isi Ulang di Indonesia

Menyiapkan Lokasi Usaha

Pertama untuk memulai bisnis air isi ulang adalah menentukan lokasi yang tepat. Lokasi yang sangat strategis biasanya berada di dekat perumahan, perkantoran, pemukiman, dan Pabrik. Lokasi yang mudah dijangkau dan terlihat, menjadi nilai tambah.

Tanpa perlu melakukan promosi ini itu, bisnis kamu sudah ramai pelanggan. Apabila kamu di desa, mungkin akan sulit menjalankan bisnis ini. orang di desa pasti lebih memilih merebus air, karena persediaan air bersih yang melimpah.

Mengurus perizinan

Bisnis air isi ulang berhubungan langsung dengan kesehatan. Oleh karena itu, untuk memberi pelanggan rasa yakin tentang bisnismu, kamu perlu mengurus izin kelayakan air di departemen kesehatan setempat. Setelah mendapatkan izin, kamu bisa tenang menjalankan bisnis tersebut.

Menentukan Sumber Mata Air

Sumber mata air adalah fokus utama dama bisnis air isi ulang. Ada beberapa jenis air yang biasa dipakai. Pertama air tanah, mudah mendapatkanny tapi membutuhkan mesin air yang menguras tagihan listrik, ada kekhawatiran jika air kering. Kedua air PDAM. Paling direkomendasikan karena harga yang terjangkau dan standar air lumayan.

Ketiga air pegunungan. Standar kebersihannya memang sangat baik, tapi kendalanya adalah harganya yang mahal.

Menyiapkan Modal Dan Peralatannya, Serta Mempekerjakan Karyawan

Selanjutnya tentunya dari segi keuangan atau modal awal. Perkirakanlah dengan matang gambaran bisnis air isi ulang yang akan kamu bangun. Mulai dari mesin yang dipakai, penyewaan tempat, biaya pekerja, biaya penataan, keuangan, biaya promosi, dan biaya lain-lain. Utamakanlah dulu hal yang pokok seperti air dan mesin.

Setelah itu karyawan dan pengelola keuangan. Siapkan motor juga untuk melayani antar jemput.

Promosi

Promosi adalah cara bagaimana orang tahu tentang bisnis air isi ulangmu. Di Indonesia orang-orang lebih suka dengan cara yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele. Beberapa hal yang bisa kamu gunakan untuk promosi di antaranya :

1. Menyebarkan Brosur

2. Memberikan Kupon Gratis Pengisian

3. Melayani Pesan Antar

4. Mempromosikan Lewat Media Sosial

5. Promo Harga Spesial

6. Mengutamakan Pelayanan Yang Ramah

7. Menyediakan Peminjaman Galon

Pilih salah satu yang cocok dengan kamu.

Mengatur Keuangan

Pelajari dahulu tentang arus kas dan arus keluar masuk uang. Manajemen keuangan yang baik menjadi pertanda bahwa bisnis air isi ulang kamu akan sukses. Dahulukan mana yang penting. Lebih baik jika kamu mempersiapkan gaji karyawan lebih awal, seperti pendapatan perhari kamu sisihkan untuk menggaji karyawan.

Keunggulan Bisnis Air Isi Ulang di Indonesia

Bukan Bisnis Musiman

Bisnis air isi ulang bukan merupakan bisnis yang ikut-ikutan trend. Setiap hari orang membutuhkan minum air bersih yang layak.

Keuntungan yang menjanjikan

Bisnis air isi ulang adalah bisnis yang bergantung dengan kuantitas konsumen. Setiap hari dengan berkembangnya usahamu, pelanggan yang datang akan semakin banyak. Dan jangkauan pelanggganmu semakin luas. Inilah yang membuat usaha air isi ulang bisa dengan mudah mendapatkan keuntungan yang besar.

Tidak butuh keahlian khusus

Keahlian yang dibutuhkan adalah manajemen dan ketekunan. Kamu tidak perlu mempunyai keahlian ini dan itu. Aturlah SDM yang kamu punya dengan baik.

Bisa Dijalankan Bersamaan Dengan Usaha Jualan Lain Di Satu Tempat

Pernah melihat bukan, usaha air isi ulang yang bersamaan dengan warung sembako dan lain-lain. Seperti menyelam minum air, pelanggan yang datang tidak hanya pergi untuk mengisi air, tetapi membeli kebutuhan hariannya di rumah. Jangan lakukan sendirian, pekerjakanlah beberapa karyawan untuk mempermudah bisnis kamu berjalan.

Tidak Membutuhkan Tempat Yang Luas

Depot air isi ulang bukanlah seperti restoran yang butuh tempat luas. Cukup satu ruangan kecil untuk meletakkan mesin dan meja kasir. Hal ini memebri kamu prospek baru karena mampu menyusutka modal untuk penyewaan tempat. Terlebih lagi jika kamu jalankan di rumah sendiri. Yang penting depot kamu mudah dijangkau dan mudah terlihat oleh orang yang lewat.

Begitu saja yang bisa aku sampaikan tentang bisnis air isi ulang di Indonesia. Semog aartikel ini membantu. Terima kasih

Informasi bisnis air isi ulang lebih lengkap : Aqualux

Leave a Comment