Cara Membuat Link WA Paling Mudah Langsung Terhubung Chat

Bagi Anda yang sering berbelanja online, mungkin sudah tidak asing dengan cara mengontak seller untuk melakukan pesanan. Namun, pernahkah memperhatikan postingan produk kesukaan Anda terkadang terdapat sebuah link WhatsApp?

Ketika link tersebut kita klik, maka akan diarahkan secara otomatis menuju room chat seller. Ini merupakan salah satu trik sederhana dalam bisnis online yang bikin penasaran. Bagaimana cara membuat link WA? Tentunya hal ini sangat penting dipahami khususnya bagi pebisnis online.

Membuat link atau URL WhatsApp memang banyak sekali manfaatnya. Apalagi bagi pelaku bisnis online, tentunya cara ini akan sangat membantu kelancaran proses pemesanan. Hal ini karena salah satu pertimbangan konsumen untuk membeli adalah kemudahan seller untuk dihubungi.

Anda mungkin pernah melihat link yang terhubung ke WA saat ingin membeli barang di forum jual beli.  Misalnya terdapat pilihan “Order via WhatsApp” yang ketika diklik, aplikasi WhatsApp langsung terbuka. Anda pun bisa langsung melakukan order via chat dengan seller.

Biasanya, akan muncul form order yang telah disediakan penjual. Misalnya nama pemesan, produk, ukuran, jumlah, dan alamat. Alur pemesanan tersebut dapat dengan mudah dibuat dengan link WA bisnis. Berikut beberapa cara yang bisa diikuti :

Membuat Link WhatsApp Langsung ke Chat

Langkah membuat link WhatsApp langsung menuju seller produk, caranya cukup mudah. Anda cukup menggunakan sebuah URL dasar yang menjadi acuan, yaitu sebagai berikut :

https://api.whatsapp.com/send?phone=

Link di atas belum bisa mengarahkan Anda ke jendela chat orang yang dituju. Hal ini karena diperlukan nomor telepon WhatsApp yang ditambahkan di belakangnya. Berikut contoh penambahan dengan nomor WA :

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285261199133

Ketika Anda klik link tersebut, akan muncul secara otomatis jendela chat bersama nomor yang tertera di belakangnya. Cara pertama ini merupakan langkah dasar untuk melengkapi link WA dengan media lainnya. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat link dasar, yaitu :

  • Gunakan kode negara untuk nomor telepon WA yang ditambahkan. Untuk Indonesia, Anda bisa menambahkan kode ‘62’ lalu diikuti nomor selanjutnya. Sebaiknya hindari penggunaan angka ‘0’ di awal karena berpotensi terjadi kesalahan.
  • Selalu gabungkan nomor WhatsApp tanpa strip maupun tanda lainnya untuk memisahkan nomor. Jika menambahkan strip atau simbol lainnya, nomor telepon menjadi tidak valid. Oleh karena itu, kesalahan ini sebaiknya dihindari.
62852-6119-9133 Salah
6285261199133 Benar

 

Menambahkan Text Pada Link Chat WA

Menyediakan link dasar saja rasanya ada yang kurang. Apalagi jika bisnis online Anda menjual produk yang beraneka ragam. Tampilan link dasar belum memuat chat apapun sehingga masih kosong. Menambahkan form order tentunya dapat mempermudah konsumen.

Selain itu, autotext pendek yang muncul sebagai pembuka obrolan juga bisa dipilih. Berikut langkah-langkah membuatnya.

  • Gunakan URL dasar penambah text sebagai berikut :

https://api.whatsapp.com/send?phone=MasukkanNomorWhatsApp&text=TextKodeWhatsApp

  • Untuk memasukkan text kode WhatsApp, gunakan %20 sebagai spasi dan %0A untuk membuat baris baru (enter). Misalnya Anda hendak membuat kalimat berikut ini :

“Hallo, Selamat Datang di Shaqilla Hijab Store”

Maka, kode link WA yang harus dibuat adalah :

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285261199133&text=Hallo%20Selamat%20Datang%20di%20Blahe%20Hijab%20Store

Cukup mudah bukan? Cara ini sudah biasa digunakan seller di e-commerce saat memasarkan produk mereka. Saat membuat postingan produk, penjual biasanya memasang logo Order via WhatsApp agar lebih menarik dan memudahkan pembeli melakukan pemesanan.

Menambahkan logo gambar tersebut caranya memang agak rumit. Hal ini karena bergantung pada platform jual beli yang digunakan seller. Anda perlu menyisipkan link yang telah dibuat pada gambar yang berhubungan dengan produk.

Tidak perlu khawatir, terdapat cara sederhana yang bisa diikuti.  Langkah ini merupakan alternatif yang bisa dilakukan. Anda bisa mencoba pemendek URL agar tampilan link WA terkesan lebih simple dan tidak memakan banyak tempat.

Memendekkan Link Chat WA

Ini merupakan trik sederhana yang bisa dilakukan seller agar konsumen dapat mengingat link yang dicantumkan. Hal ini karena sebuah URL yang diberi teks otomatis seringkali terlalu panjang. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba pemendek URL yang mudah diterapkan.

Cara kerjanya adalah URL akan diringkas, namun output yang dihasilkan tetap sesuai keinginan saat pertama kali memasukkan teks otomatis. Dengan demikian, karakter pada linknya saja yang menjadi lebih pendek.

Salah satu pemendek URL yang sering digunakan adalah Bit.ly. Anda mungkin sudah cukup sering melihat tampilan link dengan Bit ly. Untuk membuatnya, ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • Buka situs Bit.ly pada browser Anda.
  • Pada kolom pemendek URL, Tempelkan link WA yang sudah dibuat. Jangan lupa melengkapinya dengan nomor telepon dan teks otomatis.
  • Klik Shorten.
  • Tidak perlu menunggu lama, Anda akan langsung melihat hasil URL pada kolom di bawahnya.
  • Copy URL untuk menyalinnya ke berbagai platform media sosial yang dibutuhkan. URL tersebut akan otomatis terhubung dengan link room chat WA yang telah diterapkan.

Catatan :

  • Perhatikan saat menempel URL WhatsApp, pastikan huruf besar sudah sama persis. Jika ada satu huruf saja yang berbeda, hasilnya bisa “Not Found”. Misalnya huruf “b” tertukar dengan “B”, hal kecil tersebut bisa menyebabkan link tidak terhubung.
  • Untuk mendapatkan hasil URL sesuai keinginan, Anda bisa membeli versi Pro Bit.ly. Memilih fitur ini bisa membuat URL lebih mudah diingat, misalnya bit.ly/nomortelepon.

Selengkapnya : Cara Bikin Link WA di IG

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *