Cara Mengelola Waktu Kerja yang Benar

Karyawan Wajib Paham! Cara Mengelola Waktu Kerja yang Benar

Mengelola waktu kerja adalah awal dari produktivitas. Tidak mudah untuk mengelola kinerja dengan lancar. Sebab, ada saja gangguan dan hambatan yang Anda hadapi selama  bekerja. Jika dibiarkan, terkadang hal-hal semacam itu justru akan menghambat kinerja dan berpengaruh terhadap performa.

Tentu Anda tidak ingin hal ini akan menjatuhkan kualitas kerja Anda, kan?  Lalu, bagaimana cara mengelola waktu kerja yang benar? Simak ulasan berikut ini!

Cara Mengelola Waktu Kerja yang Benar

Baca Notes atau Jurnal Pribadi

Sering melewatkan poin penting dalam rapat maupun pembicaraan mengenai kinerja? Bawalah notes kecil ketika Anda bekerja! Melalui notes ini, Anda akan mencatat berbagai informasi penting. Dengan mencatat berbagai hal penting, secara tidak langsung Anda akan mengingat  hal-hal penting tersebut sehingga Anda tidak mudah lupa.

Luangkan Waktu Sebelum Bekerja

Sebelum bekerja, luangkanlah waktu selama 30 menit untuk merencanakan apa saja yang akan Anda kerjakan hari ini. Jadi, hindarilah datang terlambat atau “mepet” ke kantor! Susun apa saja yang akan Anda kerjakan di hari ini berdasarkan skala prioritas.  Dan jangan lupa, berkomitmenlah dalam menjalani skala prioritas tersebut. Sehingga Anda akan terhindari dari distraksi atau gangguan yang menghambat.

Abaikan Distraksi

Jauhkan telepon genggam dan chatting ketika sedang sibuk! Sedikit saja Anda melihat ke layar ponsel, konsentrasi Anda akan bubar. Ada baiknya jika Anda menjadwalkan waktu tertentu untuk melihat ponsel di kala bekerja. Bahkan, Anda berhak menolak permintaaan dari rekan kerja jika jadwal Anda benar-benar padat, loh! Hal ini berguna agar Anda tetap fokus dengan pekerjaan yang harus Anda kerjakan sesuai rencana.

Selain manajemen waktu yang baik, time management system dalam perusahaan juga akan berpengaruh terhadap kinerja dan operasional perusahaan. Nah, salah satu system yang dapat perusahaan Anda gunakan adalah software absensi dari LinovHR dengan fitur dan tampilan yang mudah digunakan.

Gunakan Metode Pomodoro

Masih suka terganggu dengan distraksi? Anda dapat menggunakan sistem pomodoro selama bekerja. Pomodoro adalah suatu metode mengerjakan tugas dengan seksama selama 25 menit dan beristirahat selama 5 menit. Setelah menyelesaikan 4 kali 25 menit, Anda dapat bekerja sedikit lebih lama. Selanjutnya, simaklah hasil pekerjaan Anda apakah ada yang kurang atau tidak.

Jangan Suka Menunda!

Apakah Anda suka menunda dan menunggu mood yang tepat untuk mengerjakan sesuatu? Jangan lakukan hal ini! Ingat, Anda tidak mungkin selalu menunggu momen yang tepat untuk mengerjakan suatu hal sementara deadline tidak berhenti begitu saja.

Tidak mungkin Anda akan menyelesaikan semua aktivitas dalam satu kali, bukan? Peluang yang baik datang sebesar 20% dari pikiran, sementara 80% dari tindakan dan ucapan Anda. Selama masih bisa dikerjakan saat ini juga, maka kerjakanlah sekarang juga!

Bagaimana? Siap untuk bekerja lebih aktif dan produktif? Dibutuhkan komitmen dan dedikasi yang tinggi dalam bekerja dan menyelesaikan tugas-tugas yang ada. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat!

 

Sumber referensi : https://www.linovhr.com/tips-manajemen-waktu/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *