Categories: Blog

Domain Indonesia DomaiNesia

Domain Indonesia

Domain Indonesia merupakan alamat website yang bisa dikunjungi untuk para penjelajah internet. Ada berbagai macam nama domain yang ada di Indonesia. Biasanya disesuaikan dengan jenis websitenya juga. Jadi, tidak semua website memiliki nama domain yang sama.

Nama domain biasanya bervariasi dan juga tidak sama. Adapun cara membuat domain dengan benar dan yang pasti ada beberapa syaratnya. Karena, membuat domain biasanya membutuhkan waktu dan juga tidak langsung berhasil.

Di bawah ini akan dijelaskan apa itu domain, cara membuatnya, dan apa saja syaratnya. Yuk, pelajari selengkapnya!

Tentang Domain

Pada saat melakukan pencarian di internet, biasanya menggunakan sebuah domain. Tanpa adanya domain, seseorang akan sulit dalam mengakses sebuah website. Jadi, keberadaan domain memang sangat penting sekali dalam dunia website.

Bisa dikatakan, domain adalah sebuah alamat untuk menuju sebuah website. Masing-masing website mempunyai nama domain yang berbeda-beda. Tujuan dari adanya domain sendiri adalah untuk memudahkan seseorang untuk mengunjungi sebuah situs.

Biasanya nama domain diawali dengan nama yang mewakili situs tersebut dan diakhiri dengan kode tertentu. Untuk di domain Indonesia ada beberapa kodenya yaitu ada .id atau bisa juga .com. Ada beberapa situs yang mempunyai akhiran berbeda.

Domain sendiri biasanya digunakan untuk menggantikan sebuah IP address, yang mana IP tersebut mempunyai kombinasi angka yang panjang. Nah, untuk mempersingkatnya maka dibuatlah sebuah alamat domain agar lebih mudah dan praktis juga.

Dalam membuat sebuah domain terdapat prosesnya dan juga syarat-syaratnya. Masing-masing jenis website mempunyai syarat yang berbeda-beda. Jadi, harus diperhatikan dengan benar dan juga seksama juga saat ingin membuatnya.

Fungsi Domain

Sebelum membahas lebih lanjut tentang Domain Indonesia, akan diberikan pengenalan dahulu mengenai fungsi domain secara umum. Di bawah ini akan disebutkan apa saja fungsi dari domain yang umum:

  • Untuk mempermudah dalam mengakses sebuah situs.
  • Memperpendek IP Address yang panjang menjadi alamat yang singkat serta praktis.
  • Sebagai sebuah identitas sebuah situs, agar orang lebih mudah dalam mengingatnya.
  • Menjadi kode jenis website yang akan dikunjungi.
  • Bisa dijadikan sebuah tautan untuk dipromosikan ke platform lainnya.

Cara Membuat Domain

Belum banyak yang mengetahui cara untuk membuat domain Indonesia dengan benar dan juga mudah. Di bawah ini akan diberikan cara untuk membuat sebuah domain dengan menggunakan tutorial yang mudah untuk dipelajari:

  • Masuklah ke dalam situs domain dengan alamat https://domain.go.id, yang mana merupakan situs resmi untuk membuat domain.
  • Kemudian buatlah akun menggunakan email yang masih aktif dan juga sering digunakan.
  • Jika akun sudah berhasil dibuat maka masuklah menggunakan email dan juga kata sandi yang benar.
  • Jangan lupa juga isi kode sesuai dengan gambar captcha yang sesuai agar bisa masuk ke dalamnya.
  • Setelah itu jika sudah masuk maka langsung saja pilih menu “Pendaftaran Domain” dan masukkanlah nama domain yang diinginkan.
  • Lalu pilih juga jenis domain atau zona domain yang sesuai, bisa menggunakan jenis .id atau yang lainnya juga.
  • Selanjutnya bisa klik menu “Search” dan pastikan nama domain tersebut muncul di pencarian, lalu klik centang pada nama domain yang diinginkan.
  • Kemudian isi lagi beberapa data yang penting dan ikuti instruksinya saja, lalu jangan lupa juga untuk mengunggah beberapa dokumen.
  • Biasanya dokumen yang disertakan merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi oleh si pembuat domain tersebut.
  • Selanjutnya jangan lupa untuk menyertakan informasi kontak yang sesuai dan benar.
  • Lalu dokumen tersebut akan diproses oleh pihak yang bersangkutan.
  • Jika lolos maka akan segera dihubungi dalam waktu 3 hari dari mulai pendaftaran.

Syarat Berkas Pembuatan Domain

Saat akan membuat domain Indonesia harus memenuhi beberapa syarat, yaitu seperti syarat berkas atau dokumen. Di bawah ini akan disajikan beberapa syaratnya sesuai dengan jenis domain yang ingin dibuat. Langsung saja perhatikan penjelasan berikut:

Domain (.id)

Untuk jenis ekstensi domain yang satu ini tidak memerlukan syarat apapun. Jadi, untuk membuat domain dengan kode di belakangnya .id, tak perlu menggunakan dokumen apapun untuk membuatnya. Jadi, lebih mudah dan prosesnya juga cepat.

Untuk yang ingin memiliki domain denganekstesi tersebut, domain id DomaiNesia jadi solusi untuk Anda.

Domain (.ac.id)

Ada juga sebuah kode domain yang bernama .ac.id, yang mana biasanya digunakan untuk sebuah lembaga. Nah, untuk membuat domain jenis ini ada beberapa syarat dokumennya. Inilah beberapa syaratnya:

  • KTP si penanggung jawab yang dalam berbentuk scan.
  • Hasil scan SK Pendirian Lembaga yang bersangkutan.
  • Ada juga scan akta notaris atau bisa juga menggunakan SK rector.
  • Hasil scan surat kuasa dari penanggung jawab untuk membuat sebuah domain.

Domain (.sch.id)

Biasanya sebuah sekolah juga membuat website untuk menunjang kegiatan di sekolah. Untuk membuat domain, sekolah harus melampirkan beberapa syarat. Berikut syarat-syarat dokumen yang harus ada:

Lampiran scan KTP si penanggung jawab.

Hasil scan surat permohonan kepala dari sekolah tersebut.

Melampirkan sebuah surat kuasa kepala sekolah kepada si penanggung jawab tadi.

Bisa juga dengan melampirkan SK pendirian lembaga jika bukan sekolah yang formal.

Domain (.co.id)

Terdapat juga sebuah website yang belakangnya menggunakan kode .co.id. Nah, jika akan menggunakan kode tersebut maka ada syarat berkasnya juga. Di bawah ini akan disebutkan apa saja syaratnya:

  • KTP milik penanggung jawab yang berupa scan.
  • Hasil scan akta notaris dan juga NPWP dari perusahaan tersebut.
  • Jika ada melampirkan surat kepemilikan merk juga.

Domain (.web.id)

Untuk membuat domain dengan kode .web.id di belakangnya, harus melampirkan syarat juga. Pada kode yang satu ini syaratnya sangat simple dan hanya satu saja. Pembuat domain hanya perlu melampirkan hasil scan KTP si penanggung jawab saja.

Domain (.or.id)

Apabila ingin membuat domain dengan kode .or.id, maka seseorang harus melampirkan syarat pendukung juga. Bisa dikatakan wajib dan juga harus ada bila ingin membuat domain tersebut. Inilah beberapa syaratnya:

  • Hasil scan KTP dari si pendiri lembaga.
  • Lampiran scan dari akta notaris.
  • Dapat juga melampirkan SK intern organisasi jika ada.

Domain (.ponpes.id)

Sebuah pondok pesantren juga biasanya menggunakan website untuk mempromosikan pondoknya tersebut. Inilah beberapa syarat-syaratnya untuk membuat domain pada sebuah pondok pesantren:

Hasil scan KTP dari si penanggung jawab domain.

Lampiran scan surat pengantar dari kepala sekolah pondok pesantren tersebut.

Domain (.my.id)

Tidak ada persyaratan khusus untuk membuat domain dengan kode .my.id. Jadi, untuk membuat website dengan kode domain ini. Pembuat domain tak perlu melampirkan dokumen pendukung lainnya.

Domain (.biz.id)

Sama halnya dengan domain .my.id, kode domain yang satu ini juga tak perlu menggunakan syarat khusus. Tinggal membuatnya dengan mudah dan prosesnya juga sudah pasti cepat.

Itulah penjelasan tentang domain Indonesia yang perlu diketahui jika ingin membuat sebuah domain. Ada juga tutorial jika ingin membuat sebuah domain. Ada juga penjelasan tentang syarat untuk membuat domain di Indonesia.

Berikut ini untuk Anda yang ingin mendapatkan promo domain DomaiNesia.

Related Post