Mengapa Ekor Komet Selalu Menjauhi Matahari

Ekor Komet Selalu Menjauhi Matahari

Mengapa ekor komet selalu menjauhi matahari? Berbicara tentang benda luar angkasa, memang tidak ada habisnya. Salah satu yang dikenal masyarakat selain meteor adalah komet. Apakah Anda sudah paham bagaimana pengertian, bagian, dan alasan kenapa ekornya selalu menjauhi matahari? Bacaan di bawah ini memberikan jawaban kepada Anda.

Pengertian Komet dan Bagiannya

Komet berasal dari bahasa Yunani, memiliki arti rambut panjang. Istilah lainnya adalah bintang berekor. Komponen pembentuk komet adalah es dan debu yang membeku ketika berada jauh dari matahari dan menguap ketika ada di dekatnya. Komet dibagi menjadi beberapa bagian:

Ekor

Ekor komet terdiri dari gas yang memancarkan cahaya pijar ketika ia berada dekat dengan matahari. Orang Jawa sering menyebutnya sebagai bintang kemukus, karena mirip dengan buah kemukus yang sudah dikeringkan.

Inti

Inti adalah bagian yang diameternya sampai beberapa kilometer, bahannya sangat padat dan terbentuk dari bahan es yang kemudian berubah menjadi gas.

Lapisan Hidrogen

Lapisan ini menyelubungi bagian Koma yang tidak bisa dilihat oleh mata manusia. Diameternya berukuran sekitar 20 juta kilometer.

Koma

Koma adalah daerah berkabut yang sekilas mirip dengan tabir di sekitar inti. Bagian ini diselubungi oleh lapisan hidrogen.

Mengapa Ekor Komet Selalu Menjauhi Matahari

Muncul pertanyaan, kenapa ekor komet selalu menjauhi matahari? Jawabannya adalah berkaitan dengan material komet yang tersusun dari air, debu, dan gas yang sudah membeku. Penyebabnya karena ia berada sangat jauh dari posisi matahari.

Komet suatu saat akan bergerak melintasi matahari dengan jarak kurang dari 3 SA (1 SA = 0, 030 km). Pergerakan ini memicu munculnya sebuah selubung debu dan gas yang disebabkan oleh energi kalor dari sinar matahari. Uap tersebut akan membentuk ekor raksasa.

Pada umumnya ekor komet terbagi menjadi dua, yaitu gas dan debu. Ketika mulai mendekat ke matahari, ekor gas akan menjauh karena terdapat beberapa partikel yang keluar karena radiasi tinggi sinar matahari.

Penyebab lainnya kenapa ekor komet selalu menjauhi matahari adalah sifat gas yang dimiliki komet berkategori ringan, sehingga tidak mampu berdiri sejajar dengan bagian intinya. Sebaliknya, ekor debu akan berjalan mendekati matahari karena ada beberapa partikel yang tertarik oleh kuatnya gravitasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *