Mengapa Indonesia Beriklim Tropis

Indonesia Beriklim Tropis

Mengapa Indonesia Beriklim Tropis? Iklim tropis menjadi iklim favorit banyak orang. Tak jarang jika orang memilih berlibur ke wilayah ini untuk menikmati sinar matahari. Indonesia merupakan salah satu wilayah tersebut. Alasan mengapa Indonesia beriklim tropis dijelaskan sebagai berikut:

Terletak di Sekitar Khatulistiwa

Negara yang berada di sekitar khatulistiwa memiliki iklim yang tropis. Indonesia terletak di 6° LU—11° LS dan 95° BT—141° BT. Bahkan beberapa kota seperti Pontianak berada di titik 0 garis lintang khatulistiwa.

Wilayah yang berada di garis lintang tersebut hanya memiliki 2 musim saja, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Indonesia tak memiliki musim salju, semi, atau gugur layaknya negara yang berada di garis lintang utara bagian atas maupun selatan bagian bawah.

Curah Hujan yang Tinggi

Ketika Indonesia sedang mengalami musim kemarau, curah hujannya tetap tinggi. Terlebih saat mengalami musim hujan yang biasa terjadi dari Oktober hingga April. Tak hanya itu, hujan juga cenderung dibarengi dengan badai, angin kencang, hingga angin puting beliung.

Per tahunnya, intensitas curah hujan Indonesia berkisar antara 2.000-3.000 mm. Sementara di daerah yang kering seperti Nusa Tenggara Timur, intensitasnya di bawah 2.000 mm. Curah hujan yang tinggi ini disebabkan oleh Inter Tropical Convergence Zone dan angin muson barat.

Temperatur Udara yang Stabil

Berbeda dengan negara tropis lain yang terletak di Asia Barat, Indonesia memiliki suhu udara yang cenderung stabil. Antara siang dan malam tidak mengalami kenaikan atau penurunan yang drastis. Suhu rata-rata Indonesia adalah 27,3 derajat celcius.

Nah, antara musim hujan dan kemarau pun, suhu udara di Indonesia tak memiliki perbedaan yang jauh. Hanya daerah tertentu yang terasa dingin seperti Dieng yang suhunya di bawah 5 derajat celcius. Faktor suhu disebabkan lama penyinaran matahari selama 12 jam yang didapatkan Indonesia.

Matahari Sepanjang Tahun

Wilayah yang berada di lintang subtropik atu kutub tak mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Sementara alasan mengapa Indonesia beriklim tropis adalah letaknya yang berada di khatulistiwa. Sinar matahari didapatkan sepanjang tahun meski saat musim penghujan.

Matahari juga memiliki lama penyinaran yang cukup panjang, yakni berkisar selama 12 jam hampir di seluruh daerah. Sinar matahari tersebut juga mempengaruhi jenis tumbuhan alami Indonesia seperti hutan hujan tropis yang tersebar di banyak pulau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *