Mengapa Islam Menganjurkan Untuk Mempelajari Ilmu Pengetahuan di Dunia

Islam Menganjurkan Untuk Mempelajari Ilmu Pengetahuan di Dunia

Ilmu pengetahuan atau pendidikan adalah suatu hal yang amat penting dalam kehidupan manusia, baik di dunia ataupun di akhirat. Semua agama di Indonesia menganjurkan setiap umatnya untuk terus mempelajari sesuatu. Tak terkecuali Islam dan ini dia alasan lengkapnya:

Alasan Islam menganjurkan mempelajari ilmu oengetahuan di dunia seperti dijelaskan sebagai berikut.

Ilmu pengetahuan dan pendidikan, secara sekilas keduanya memang sama, tapi sebenarnya tidak. Seseorang yang berilmu pengetahuan, perilakunya akan jauh lebih baik dibandingkan dengan orang yang hanya memiliki pendidikan. Alasan Islam menganjurkan mempelajari ilmu pengetahuan adalah:

Berkaitan dengan Perintah Wahyu Pertama

Tahukah Anda jika wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad SAW adalah kata “Iqro’” yang artinya adalah bacalah. Semua umat Islam diwajibkan untuk membaca, karena dengan itu akan mengerti dan memahami sesuatu.

Seseorang tidak akan mendapatkan ilmu pengetahuan tanpa membaca dan mendengarkan. Keduanya memang berjalan beriringan dan harus dimaksimalkan selagi hidup di dunia.

Memudahkan Jalan Baginya Menuju Surga

Alasan yang kedua kenapa Islam menganjurkan umat untuk mempelajari ilmu pengetahuan di dunia, karena bisa memudahkan jalannya menuju surga.

Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim nomor 2.699 menjelaskan, siapa saja yang mencari ilmu di dunia, maka Allah akan memudahkan jalannya menuju surga. Hal ini dikarenakan ilmu tetap bisa memberikan manfaat kepada pemiliknya, walaupun telah meninggal.

Meninggikan Derajat Pemilik Ilmu Pengetahuan

Ketiga, meninggikan derajat pemilik ilmu pengetahuan itu sendiri karena secara otomatis ia akan dihormati oleh masyarakat atas pemikirannya. Namun, bukan berarti hal tersebut menjadikan diri sombong.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas ilmu pengetahuan beda dengan pendidikan. Orang berpendidikan saja masih bisa merasa sombong, karena dia tidak memahami bagaimana buah dan inti ilmu.

Sebaliknya, orang yang berilmu sudah pasti berakhlaq baik karena ia memahami bagaimana cara hidup di dunia, berhubungan dengan orang lain dan Tuhannya.

Diberikan Kelapangan

Keempat, Allah akan memberikan kelapangan padanya dan dimudahkan segala urusan. Asalkan ia berada di jalan yang benar dan memanfaatkan ilmu pengetahuan di jalan yang benar juga.

Pernahkah Anda mendengar kalau orang tua yang mementingkan pendidikan anaknya akan selalu diberi limpahan rezeki? Maka itulah kiranya kenapa Islam menganjurkan untuk mempelajari ilmu pengetahuan dari mulai lahir hingga ke liang lahat.

Itulah beberapa alasan mengapa Islam menganjurkan untuk mempelajari ilmu pengetahuan di dunia. Semoga bermanfaat artikel yang disajikan ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *