mengapa Alquran disebut sebagai kitab penyempurna dari kitab kitab sebelumnya

Al-Qur’an Kitab Penyempurna

Mengapa Alquran disebut sebagai kitab penyempurna dari kitab kitab sebelumnya? Al-Quran adalah kitab suci yang berisi firman Allah SWT. Kitab ini diturunkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Sebagai muslim Anda wajib mengimaninya.

Al-Qur’an Sebagai Kitab Penyempurna

Kitab Al-qur’an disebut sebagai wahyu penyempurna dari Anda sebelumnya. Berikut faktanya :

Diturunkan Kepada Nabi Muhammad SAW

Dalam firman Allah SWT dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW merupakan utusan-Nya yang terakhir. Tidak ada lagi nabi setelahnya. Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan tujuan untuk menyempurnakan kitab-kitab yang turun sebelumnya.

Itu artinya, manusia tak boleh menganggap siapapun sebagai nabi atau mengaku mendapatkan wahyu dari Allah SWT. Al-Qur’an adalah kitab yang terakhir diturunkan. Untuk itu, Anda wajib beriman kepada Al-Qur’an sebagai pedoman hidup manusia dan semesta alam.

Tidak Turun Sekaligus

Ayat-ayat dalam Al-Qur’an tidaklah turun sekaligus. Butuh waktu selama 22 tahun 2 bulan 22 hari agar kitab ini rampung. Turunnya wahyu Allah SWT melalui malaikat jibril ini bukan bertujuan untuk dihafal oleh umat, melainkan dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan.

Itu sebabnya, ayat-ayat dalam Al-Qur’an tidak perlu diragukan lagi oleh umat manusia. Di dalamnya terdapat berbagai petunjuk ke jalan takwa, nasehat kehidupan, serta berbagai sejarah tentang Islam. Meyakini Al-Qur’an sebagai kitab terakhir merupakan salah satu rukun iman.

Membaca Qur’an adalah Ibadah

Allah SWT mengistimewakan Al-Qur’an. Membacanya satu huruf saja mendapatkan sebuah pahala. Sebuah pahala terhitung seperti mengerjakan 10 kebaikan. Bagi muslimin dan muslimah, mengaji Al-Qur’an merupakan kewajiban agar jalan hidup tidak berantakan.

Namun, bukan berarti Anda menafikkan kitab-kitab sebelum Al-Qur’an. Semua qalamullah harus diyakini kebenarannya karena ayat adalah firman Allah. Anda harus tetap mengimaninya karena kitab-kitab pendahulu diturunkan untuk nabi-nabi sebelum Muhammad SAW.

Susunan dan Bahasa yang Sempurna

Kitab suci Al-Qur’an memiliki susunan dan bahasa yang indah. Tidak ada yang bisa menandingi isi Al-Qur’an karena susunannya adalah firman Allah. Baik orang kafir maupun kaum muslim sendiri mustahil bisa menyaingi gaya bahasa yang ada di dalamnya.

Turunnya Al-Qur’an disebut sebagai era yang gemilang. Kesempurnaan firman Allah SWT tidak bisa ditandingi oleh siapapun. Itu sebabnya, hendaknya manusia berpegang teguh pada Al-Qur’an sebagai kitab terakhir dan yang paling sempurna.

Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan mengapa Alquran disebut sebagai kitab penyempurna dari kitab kitab sebelumnya. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *