Kopi Indonesia

Kenali dan Nikmati Beberapa Macam Sensasi Kopi Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan minuman satu ini, pasti apabila orang mendengar kata kopi yang terlintas di pikirannya adalah minuman penghilang rasa kantuk. Ada pula yang beranggapan kopi merupakan trend karena semakin banyaknya bentuk dan jenis dari olahan kopi itu sendiri.

Namun, kali ini kami akan menelaah beberapa macam kopi unik yang ada di nusantara dan yang pasti, tidak akan kalah dengan kopi-kopi olahan dari luar negeri.

Kopi Kawa – Sumatera Barat

Kawa merupakan jenis kopi yang sangat khas dari Sumatera Barat. Tapi taukah Anda kalau kawa terbuat dari daun kopi, bukan biji kopinya. Sebenarnya, kawa ini lebih mirip dengan teh dibandingkan kopi.

Selain itu, cara menghidangkannya pun bukan di cangkir melainkan di dalam batok tempurung kelapa. Awal mula ceritanya kalau zaman kolonial Belanda dulu memaksa masyarakat Sumatera Barat untuk menanam kopi namun semua hasil panen biji kopi itu diekspor ke luar negeri.

Jadi, rakyat hanya bisa membuat olahan dari daun kopi saja. Keunikan lain dari kawa ini adalah kadar kafein yang lebih rendah dari kopi pada umumnya sehingga tidak akan membuat Anda melek terus.

Kopi Manggar – Belitung

Manggar sebetulnya diambil dari nama daerah di Belitung yang menjadi pusat 1001 warung kopi. Kopi Manggar terbuat dari biji kopi robusta sehingga rasanya sedikit agak asam. Cara mengolah kopi ini pun sedikit berbeda dengan kopi lain yang tinggal diseduh degan air panas.

Pada Kopi Manggar, bubuk kopi direbus hingga mendidih lalu disaring dan dimasukkan ke dalam ceret setelah itu disaring lagi hingga kopi itu tidak memiliki ampas dan kopi pun siap disajikan ke dalam cangkir yang sudah disediakan.

Kopi Joss – Jogjakarta

Kalau kopi yang satu ini pasti sudah Anda kenal karena cara penyajannya yang terbilang cukup unik. Kopi Joss atau yang sering juga disebut dengan kopi arang ini memang disajikan menggunakan bara arang yang masih menyala.

Itulah letak keunikannya namun tenang saja, kopi ini masih aman untuk dikonsumsi. Selain itu, Kopi Joss juga dipercaya dapat menetralisir asam lambung dan menjadi obat untuk masalah angin dan juga kembung.

Kopi Ijo – Tulungagung Jatim

Kopi unik yang khas dari daerah tulungagung jawa timur karena warna bubuk kopinya yang berwarna hitam kehijauan. Kopi ini memiliki warna seperti itu karena kopi yang diracik dengan menggunakan biji kacang hijau.

Biji kopi yang digiling dengan campuran biji kacang hijau akan menghasilkan biji kopi yang berwarna hitam kehijauan. Bicara soal rasa jangan ditanya lagi nikmatnya kopi yang dicampur dengan kacang hijau akan menghasilkan rasa yang unik sekaligus membuat kita tetap melek dan semangat untuk melakukan aktivitas lagi.

Kopi Gayo – Aceh

Kalau kopi yang satu ini memang sudah sangat terkenal khusunya di pulau Sumatera. Kopi yang tumbuh di dataran tinggi tanah rencong ini memang memiliki cita rasa yang khas, pada umumnya apabila kita minum kopi maka rasa pahit dari kopi itu akan tertinggal di lidah kita namun lain halnya dengan kopi yang satu ini. Rasa pahit kopi itu hampir tidak terasa.

Cita rasa Kopi Gayo yang asli terdapat pada aroma kopi yang harum dan rasa gurih serta rasa yang tidak pahit. Bahkan ada yang berpendapat bahwa rasa Kopi Gayo melebihi cita rasa Kopi Blue Mountain yang berasal dari Jamaika.

Selain itu Kopi Gayo juga terkenal sebagai kopi organic terbaik di dunia karena cara penanamannya yang masih alami dan tanpa bahan kimia.

Kopi Kopyok – Geresik

Mungin banyak yang belum tahu fakta bahwa Gresik juga merupakan kotanya warung kopi. Sebab kota yang terletak di pinggiran pantai utara ini memiliki banyak warung kopi yang menyediakan Kopi Kopyok ini.

Keunikan dari kopi ini menggunakan serbuk kopi yang kasar dan sebelum menyeruputnya kamu harus mengaduk-aduk kopi terlebih dulu agar ampas dari kopi bisa segera mengendap di bagian bawah cangkir.

Selain itu kopi ini juga memiliki rasa yang agak masam dan juga sangat kental sebab serbuk kopi yang dicampurkan hampir mencapai separuh cangkir agar memperoleh cita rasa kopi yang khas.

Kopi Durian – Lampung

Dan yang terakhir adalah Kopi Durian dari Lampung. Dari mendengar namanya pasti sudah jelas kalau kopi yang satu ini menggunakan buah durian sebagai senjata andalan untuk cita rasa yang khas dari kopi tersebut.

Sebetulnya ide pembuatan kopi ini diambil dari kebiasaan warga Lampung yang doyan makan durian sambil minum kopi panas sehingga muncullah sebuah ide untuk membuat kopi durian untuk menarik perhatian wisatawan yang datang ke Kota Lampung untuk mencoba kopi yang unik ini.

Baca : Pelatihan Barista Kopi

Demikianlah beberapa racikan kopi unik yang ada di Indonesia. Bagi Anda pecinta kopi sejati wajib mencoba kopi-kopi unik tersebut. Namun jangan terlalu banyak mengonsumsi kopi karena bila terlalu bayak mengonsumsinya juga tidak bagus untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *