Bentuk Latihan untuk Meningkatkan Kelincahan

Salah satu bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan adalah dengan berlari. Sudah diajarkan sejak kecil supaya besarnya lebih atletis. Digunakan oleh orang yang lebih dewasa juga terbilang ampuh.

Apalagi nantinya di masa depan bisa juga memberi banyak manfaat.

Terlebih dalam pekerjaan yang memang membutuhkan kecepatan dalam setiap kegiatan. Baik menjadi pengangkut barang, dancer sampai atlet olahraga.

Kalau kamu sekarang menganggap diri sedang dalam kondisi kurang baik yaitu lambat, jangan sampai selamanya dibiarkan. Terlebih kalau semakin bertambah umurnya, maka semakin sulit dalam meningkatkan kondisi.

Selain itu melatih tubuh sendiri bisa membuat kalori akan hilang dengan baik. Dalam satu hari, bisa membuat 600-900 kalori terbakar sempurna. Akhirnya selain mempercepat gerakan, tubuh lebih ideal bentuknya.

Jika kamu ingin mencoba jenis training yang berbeda, bisa mencoba latihan lainnya di bawah ini. Dijamin setelah beberapa kali digunakan akan berhasil. Apalagi jika skill mau dipakai dalam kegiatan olahraga.

Zigzag Jump

Rekomendasi olahraga peningkat kelincahan yaitu Zigzag Jump. Nantinya kamu bisa memberi jarak minimal 30 cm pada saat olahraga. Lalu kalau level yang lebih atas, bisa memberi jarak sekitar 60 cm.

Sebenarnya ada alat sendiri yang dapat dipakai untuk Zigzag Jump. Tapi ada cara lebih murah yaitu dengan tangga. Karena bisa memakai tangga, maka bisa pergi ke gedung bertingkat cukup tinggi.

Zigzag Run

Selain Zigzag Jump, gerakan lincah dan kuat lainnya yang dapat kamu coba yaitu Zigzag Run. Latihan semacam ini mudah diikuti karena memakai alat berupa kerucut. Waktu bisa dihitung dengan stopwatch.

Zigzag Run sebenarnya paling sering terlihat pada latihan atlet sepakbola. Mereka satu per satu melewati kerucut dengan kecepatan terbaik. Para atlet bidang atletik juga sering memakai latihan tersebut.

Lari Cepat

Salah satu bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan adalah lari cepat. Kita sudah tahu sebelumnya mengenai kegunaan dari gerakan satu ini. Terutama karena dapat dilakukan tanpa alat.

Tapi agar lebih efektif, usahakan menuju tempat lari atau stadion gratis saja. Terlebih memiliki fasilitas mendukung untuk berlari. Banyak juga teman yang bisa diajak karena seringkali cukup luas tempatnya.

Nantinya bisa sambil berlomba agar menemukan siapa yang paling cepat. Apalagi karena bersama dengan teman, pasti harga diri akan dipertahankan. Tidak mau kalah dari orang lain sehingga kecepatan bertambah.

Memukul Balon

Selanjutnya kamu bisa juga mencoba gerakan seperti memukul balon. Tentu dengan cara melemparkan ke atas lalu pukul dengan suatu alat. Nantinya warna dari balon tersebut harus dibedakan terlebih dahulu.

Lalu membuat jadwal pemukulan dari balon tersebut. Misalnya untuk yang pertama akan memukul balon berwarna merah, kedua kuning dan ketiga hijau. Jangan terlalu banyak warnanya karena mempertimbangkan kecepatan.

Menangkap Benda

Menangkap balon salah satu bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan, dapat dilakukan sendirian. Tapi kalau mau mencoba bersama dengan teman, maka menangkap benda lebih baik. Contohnya bola berukuran kecil untuk olahraga.

Bisa sambil berlari atau bergerak supaya kelincahan terlatih dengan baik. Agar lebih bagus levelnya, bisa menambahkan bola yang lebih besar dan berat. Selain lincah, nantinya kekuatan tangan juga bertambah.

Rutin Olahraga

Dalam usaha latihan kaki cepat maupun bagian tubuh lainnya, tentu harus dengan rutin olahraga. Kalau hanya sekedar melatih salah satu bagian saja, sepertinya akan kurang berhasil pada akhirnya.

Bisa mencoba olahraga besar sekaligus seperti lari dalam jarak yang cukup baik. Selain itu boleh mencoba olahraga lapangan seperti sepakbola atau futsal. Badminton, tenis meja maupun tenis lapangan juga boleh.

Semua jenis olahraga pasti butuh yang namanya kemampuan lincah. Nantinya jika dimiliki, akan menghadirkan kesehatan juga. Akhirnya salah satu bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan menjadi kombinasi bagus.

Leave a Comment