Mengapa Makhluk Hidup Membutuhkan Lingkungan yang Sesuai

Makhluk Hidup Membutuhkan Lingkungan yang Sesuai

Mengapa makhluk hidup membutuhkan lingkungan yang sesuai dengan kondisi lingkungan tentu dengan alasan yang jelas. Jika kondisi lingkungan tidak sesuai, kehidupan tidak akan berjalan seimbang hingga berujung pada kepunahan. Mengapa lingkungan yang sesuai dibutuhkan makhluk hidup?

Alasan Makhluk Hidup Membutuhkan Lingkungan yang Sesuai

Agar Mampu Bertahan Hidup

Adaptasi merupakan bentuk penyesuaian diri terhadap lingkungan. Makhluk hidup pasti melakukan adaptasi ketika berpindah dari satu tempat ke tempat yang baru. Namun, lingkungan yang baru harus sesuai dengan kebutuhan dari makhluk itu sendiri.

Lingkungan yang sesuai akan memudahkan makhluk hidup untuk bertahan dalam kondisi apapun. Semakin mirip lingkungan baru dengan lingkungan lamanya, maka jangka waktu bertahan hidupnya juga lebih lama.

Mampu Bereproduksi

Setiap makhluk hidup mulai dari manusia, tumbuhan, dan hewan pasti mengalami fase reproduksi. Fase ini akan terjadi apabila kondisi lingkungannya juga mendukung. Maka, lingkungan yangs sesuai sudah menjadi syarat mutlak agar reproduksi bisa berjalan dengan baik.

Misalnya saja proses reproduksi untuk ikan air tawar. Lingkungan alami dari ikan adalah di area sungai, danau, atau rawa. Jika Anda meletakkannya di aquarium dengan menggunakan air payau, si ikan air tawar bisa bereproduksi tanpa hambatan.

Jika Anda meletakkan ikan air tawar di aquarium yang diisi air laut, ikan tersebut sudah pasti tidak bisa bereproduksi karena tidak sesuai dengan lingkungan alaminya. Hal ini juga berlaku untuk ikan air laut yang tidak bisa bertahan hidup di air payau.

Mampu Terhindar dari Musuh

Makhluk hidup membutuhkan lingkungan yang sesuai bertujuan agar merasa nyaman dan aman. Jika mendapatkan lingkungan yang tepat, mereka mampu menghindari musuh alaminya dan bisa menggunakan berbagai cara untuk menyerang.

Mampu Merespon Segala Bentuk Perubahan

Ketika lingkungan baru sesuai dengan lingkungan asalnya, makhluk hidup akan lebih leluasa merespon segala macam perubahan yang mungkin terjadi. Penyesuaian diri terjadi lebih mudah dan singkat, sehingga makhluk hidup bisa bertahan.

Ketergantungan Makhluk Hidup Dengan Lainnya

Kehidupan di bumi dihuni oleh berbagai macam makhluk hidup yang saling membutuhkan dan bergantung satu sama lainnya. Ketergantungan tidak hanya dari makhluk hidup dengan makhluk hidup, tetapi termasuk juga makhluk hidup dengan lingkungannya.

Setiap makhluk hidup, baik manusia, hewan, hingga tumbuh-tumbuhan pasti membutuhkan lingkungan yang sesuai dan nyaman.

Mengapa makhluk hidup membutuhkan kondisi lingkungan yang berbeda-beda dan mencari yang sesuai, semoga terjawab di artikel ini ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *