Mengapa kita harus mengimani Malaikat Allah SWT

Pentingnya Mengimani Malaikat Allah SWT

Mengapa kita harus mengimani Malaikat Allah SWT yang tercipta dari cahaya. Artikel ini membahas beberapa alasan mengapa Anda perlu beriman pada malaikat. Makhluk Allah SWT ini adalah makhluk yang taat dengan Allah dan tak pernah membangkang. Sebagai muslim, Anda harus mengimaninya.

Untuk itu, pentingnya mengimani Malaikat Allah SWT sebagai berikut :

Sesuai dengan Perintah Allah

Di dalam surat Al-Anbiya ayat 26-27, Allah berfirman bahwa malaikat merupakan hamba-hamba-Nya yang paling dimuliakan. Malaikat tidak pernah mendahului Allah. Mereka selalu patuh dengan semua perintah Allah dan juga mengerjakannya dengan taat.

Malaikat diagungkan oleh Allah, maka manusia perlu mengimaninya. Hal ini juga menjadi pengingat untuk manusia untuk selalu taat dan tunduk dengan segala perintah Allah. Manusia juga dituntut untuk tidak takabur karena malaikat yang dimuliakan Allah saja tidak pernah takabur.

Akan Mendapatkan Pahala dari Allah

Segala kebaikan yang Anda perbuat, insya Allah akan mendapatkan pahala dari Allah. Begitu juga dengan mengimani para malaikat. Sebaliknya, tidak mengimani malaikat justru akan mendapatkan dosa. Hal ini tercantum dalam surat Al Baqarah ayat 98.

Allah berfirman dalam ayat itu, bahwa siapapun yang menjadi musuh malaikat, maka orang tersebut termasuk ke dalam kelompok orang kafir. Sementara Allah SWT adalah musuh dari orang kafir. Itu sebabnya, Anda harus mengimani malaikat agar tidak termasuk ke dalam kelompok kafir.

Malaikat Mencatat Amal Manusia

Anda pasti sudah mengetahui bahwa ada dua malaikat yang ditugaskan untuk mencatat amal manusia. Malaikat tersebut adalah Raqib dan Atid. Malaikat Raqib bertugas mencatat amal baik, sementara malaikat Atid mencatat amal yang buruk.

Allah SWT mengibaratkan keduanya sebagai makhluk yang paling dekat dengan manusia, bahkan lebih dekat dari urat leher. Maka dari itu, manusia perlu berhati-hati dalam bersikap. Semua catatan amal baik dan buruk akan dipertanggungjawabkan di hadapan-Nya suatu hari nanti.

Bagian dari Rukun Iman

Sebagai orang muslim, mengimani malaikat adalah hal yang wajib dilakukan. Iman kepada malaikat terletak di urutan kedua setelah mengimani Allah SWT. Hal tersebut menunjukkan bahwa pentingnya untuk mengimani malaikat.

Bahkan hal ini pernah disabdakan oleh Rasulullah yang diriwayatkan dalam sebuah hadist. Isinya tentang seseorang yang bertanya pada Rasul apakah arti iman. Rasulullah menyebutkan isi rukun iman yang salah satunya adalah iman kepada malaikat Allah SWT.

Demikian informasi mengapa kita harus mengimani Malaikat Allah SWT, semoga terjawab di artikel ini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *