Alasan Manusia Harus Melakukan Kerjasama

Mengapa manusia harus melakukan kerjasama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya? Manusia perlu memenuhi kebutuhan dasar hidupnya agar tetap terus eksis, baik di dunia nyata ataupun media sosial.

Semua berlomba untuk mengembangkan diri dan memaksimalkan semua potensi yang ada.

Namun, semua itu tidak bisa berjalan tanpa adanya kerjasama dengan lainnya. Di artikel ini terdapat contoh kerjasama dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Diri manusia memiliki sifat egois dan sosial yang harus dimanajemen dengan baik. Anda mungkin lebih senang jika sendiri, namun konsekuensinya kebutuhan hidup tidak bisa dipenuhi dengan baik. Ini dia alasan kenapa Anda harus bekerjasama dengan lainnya.

Kebutuhan Hidup yang Tidak Terbatas

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas, walaupun sudah memiliki yang dia inginkan. Manusia tidak akan mau rugi dan selalu ingin mendapatkan keuntungan, terlebih dalam hal ekonomi.

Oleh karena itu, kebutuhan hidup manusia tidak terbatas, sehingga mau tidak mau harus bekerjasama dengan orang lain agar semuanya terpenuhi. Anda akan mendapatkan keuntungan, contohnya saja mendapatkan pekerjaan atas rekomendasi teman.

Manusia Memiliki Keahlian yang Berbeda

Kebutuhan hidup manusia tidak hanya terbatas pada makan, minum, dan tidur, tapi ada juga yang lainnya, baik jasmani ataupun rohani. Oleh karenanya, manusia akan selalu membutuhkan orang lain agar hidup lebih kompleks dan bermakna.

Contoh mudahnya, Anda ahli di bidang fashion, tentu saja membutuhkan teman yang ahli di bidang pemasaran. Bekerjasama dengan baik akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Contoh lainnya adalah petani yang membutuhkan pembuat pupuk agar tanamannya tetap hidup hingga masa panen. Tak hanya ekonomi tapi juga sosial, Anda membutuhkan orang lain sebagai tempat curhat agar tidak menghadapi masalah sendirian. Sampai sini paham, kan?

Kebutuhan Ekonomi yang Berbeda-Beda

Masyarakat dari daerah satu dengan lainnya pasti memiliki kebutuhan yang berbeda. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti sosial, geografis, alam, dan lain-lain. Contoh mudahnya masyarakat pesisir akan membutuhkan ahli bangunan untuk membuat dermaga.

Masyarakat pegunungan membutuhkan ahli teknik sipil untuk mendesain jembatan yang menghubungkan antar daerah. Semuanya harus bekerjasama dengan baik seperti teori struktural fungsional, yaitu semua yang ada di dunia ini saling melengkapi dan membutuhkan.

Demikian alasan mengapa manusia harus melakukan kerjasama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Semoga artikel di wahyuhidayat.com ini bermanfaat ya.

Leave a Comment