Mengapa Wilayah Indonesia Mendapatkan Julukan Mega Biodiversity

Apa Itu Mega Biodiversity?

Mengapa wilayah Indonesia mendapat julukan mega biodiversity? Indonesia memang menyimpan sejuta rahasia yang dikagumi oleh negara lain, contohnya yaitu keragaman flora dan fauna.

Tak heran jika dijuluki Mega Biodiversity, bagi Anda yang penasaran pengertian dan alasannya, mari simak bacaan di bawah ini:

Apa Itu Mega Biodiversity?

Pengertian Mega Biodiversity secara singkat adalah suatu wilayah yang memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang sangat tinggi atau kaya. Istilah ini bisa dipatenkan oleh negara tertentu yang dianggap memenuhi syarat.

Istilah lain dari Mega Biodiversity adalah Megadiverse Country yang artinya Negara Megadiversitas. Penetapannya pun tidak sembarangan, yaitu dilakukan oleh World Conservation Monitoring Centre (Pusat Pengawasan Konservasi Dunia).

Tercatat, ada 17 negara yang mendapatkan julukan ini di antaranya adalah Peru, Madagaskar, Kongo, Brazil, Australia, Papua Nugini, dan Indonesia. Semuanya memiliki ciri khas yang berbeda.

Mengapa Wilayah Indonesia Mendapatkan Julukan Mega Biodiversity?

Indonesia dijuluki sebagai negara Mega Biodiversity terbesar kedua. Peringkat pertama masih ditempati Brazil. Keanekaragaman hayati yang tinggi disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

Terletak di Daerah Tropis

Pertama karena Indonesia terletak di daerah tropis dengan posisi geografis yang melintasi garis khatulistiwa. Geologisnya juga mempertemukan antara lempeng tektonik, sehingga banyak mengandung mineral.

Kondisi di atas juga mengakibatkan Indonesia memiliki variasi genetik yang bermacam-macam, seperti mikroorganisme, tumbuhan, dan hewan. Pantas saja mendapatkan julukan Mega Biodiversity.

Memenuhi Kriteria

Mendapatkan julukan sebagai Mega Biodiversity tidak bisa sembarangan, setidaknya sebuah negara harus memiliki minimal 5.000 spesies. Terdiri dari tumbuhan endemik ataupun marine ecosystems.

Keanekaragaman hayatinya juga harus memenuhi dua tingkatan. Pertama adalah spesies seperti kingdom bersel banyak, protista, dan bakteri. Kedua, variasi genetik baik yang terpisah secara geografis ataupun individu dalam sebuah populasi.

Semua Barang dan Makanan Berasal dari Makhluk Hidup

Indonesia jika diperhatikan secara lebih teliti, seluruh barang yang digunakan manusia dan makanan yang dikonsumsi berasal dari makhluk hidup. Tumbuhan dan hewan apapun mampu memberikan manfaat untuk keberlangsungan hidup.

Memiliki Flora dan Fauna yang Dilindungi

Masing-masing negara memiliki pengaturan tersendiri tentang kekayaan flora dan faunanya, tak terkecuali Indonesia. Pemerintah menjamin tentang keragaman tersebut dengan undang-undang yang diterbitkan.

Undang-undang tersebut berisikan tentang pelestarian, hukuman apabila membunuh dan mengambil tanpa izin dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semoga terjawab ya mengapa wilayah Indonesia mendapat julukan mega biodiversity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *