Mengapa Allah Menciptakan Manusia

Mengapa Allah Menciptakan Manusia?

Mengapa Allah Menciptakan Manusia? Rasa sedih yang dialami seseorang cenderung membuatnya berpikir mengapa Allah menciptakan manusia. Meski Anda tak boleh mempertanyakan apa yang diperbuat oleh Allah SWT, namun Allah SWT telah menjelaskan mengapa manusia tercipta, hidup di bumi, dan berakhir di akhirat.

Mengapa Allah menciptakan manusia? Berikut ini penjelaannya.

Sebagai Khalifah di Bumi

Planet bumi memerlukan pengurus atau khalifah. Allah SWT menciptakan manusia agar menjadi khalifah di planet ini. Hal ini sesuai dengan sebuah firman Allah SWT di surat Al-Baqarah ayat 30. Pada saat itu malaikat bertanya pada Allah SWT mengapa manusia diciptakan.

Awalnya malaikat mempertanyakan kepada Allah SWT tentang penciptaan manusia, karena manusia senang membuat kerusakan di bumi. Namun, kekuasaan Allah SWT dan segala yang Dia lakukan tak boleh dipertanyakan. Allah SWT Maha Mengetahui segala sesuatu.

Untuk Menyembah Kepada Allah

Di dalam surat Al-Dzariyat ayat 56, Allah SWT berfirman bahwa terciptanya jin dan manusia adalah untuk mengabdi kepada Allah SWT. Semua makhluk yang diciptakan Allah SWT harus menurut kepada-Nya. Namun, hal ini semata-mata bukanlah karena Allah membutuhkan manusia.

Menurut tafsir Ibnu Katsir, ayat tersebut menjelaskan bahwa penciptaan manusia hanya untuk menyembah Allah SWT saja. Manusia tidak boleh menyekutukan Allah dan juga membangkang. Barang siapa taat pada perintah-Nya, Allah SWT akan memberikan ganjaran yang baik.

Agar Manusia Mengetahui Kekuasaan Allah SWT

Tiada yang menandingi kekuasaan Allah SWT. Hanya Allah SWT yang memiliki kekuasaan mutlak, sementara dzat dan hal lain berada di bawah ciptaan-Nya. Maka dari itu, penciptaan manusia terjadi agar mereka mengetahui tanda-tanda kekuasaan Allah SWT.

Sesuai dengan salah satu firman Allah SWT pada surat At-thalaq ayat 12. Allah berfirman bahwa yang menciptakan bumi dan tujuh langit adalah Allah SWT. Penciptaan tersebut adalah tanda Allah SWT Maha Kuasa atas sesuatu dan ilmu-Nya pun meliputi segala sesuatu.

Bukti Kelayakan di Akhirat

Allah SWT menciptakan dua tempat yang kondisinya saling bertolak belakang. Pertama, Dia menciptakan surga bagi manusia yang selalu taat dengan perintah-Nya. Kedua adalah neraka yang merupakan tempat manusia yang lalai, tidak beriman, dan membangkang perintah-Nya.

Mengapa Allah menciptakan manusia adalah untuk menguji kelayakan mereka. Mereka memiliki kesempatan untuk berbuat amal baik atau buruk. Di hari hisab, semuanya akan diperhitungkan lalu mereka akan diputuskan untuk tinggal di surga atau di neraka.

Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan mengapa Allah menciptakan manusia. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *