Mengapa Malaikat Selalu Taat Kepada Allah

Malaikat Selalu Taat Kepada Allah

Mengapa Malaikat selalu taat kepada Allah? Allah SWT menciptakan salah satu makhluk-nya dari cahaya, yakni malaikat. Malaikat merupakan makhluk yang paling tunduk dan selalu taat kepada Allah dibandingkan makhluk lain.

Ada banyak pertanyaan yang sama, yakni mengapa makhluk Allah yang diciptakan dari nur atau cahaya ini sangat taat? Alasan malaikat selalu taat kepada Allah, yaitu :

Tidak Memiliki Sifat yang Sombong

Malaikat adalah makhluk yang diistimewakan oleh Allah. Manusia dan jin mudah sekali memiliki sifat yang sombong, namun berbeda dengan malaikat. Malaikat tidak akan menyombongkan diri dan selalu tunduk dengan perintah-Nya. Hal ini terdapat di surat An-Nahl ayat 49.

Dalam ayat tersebut Allah berfirman bahwa apapun yang tercipta di langit dan bumi harus bersujud pada Allah SWT, termasuk malaikat. Namun, secara khusus disebutkan bahwa malaikat adalah makhluk yang diciptakan tanpa keinginan untuk menyombongkan diri.

Selalu Takut Kepada Allah SWT

Allah SWT memerintahkan hal-hal baik untuk seluruh makhluk-Nya, termasuk kepada para mailkat. Malaikat selalu langsung mengerjakan apa yang sudah menjadi tugasnya. Mereka tak banyak bertanya karena mengakui bahwa Allah SWT menguasai segala sesuatunya.

Malaikat takut jika Allah SWT murka. Padahal telah disebutkan dalam surat An-nahl bahwa mereka adalah makhluk yang paling patuh dan tidak sombong. Kepatuhan dan takutnya kepada Allah SWT mereka tertera pada An-Nahl ayat 50.

Makhluk Paling Mulia

Di antara semua makhluk ciptaan Allah SWT, malaikat merupakan makhluk yang paling dimuliakan oleh-Nya. Baik secara kedudukan maupun derajatnya, Allah SWT menempatkan mereka di tempat tertinggi. Ucapan, perbuatan, dan ketaatan mereka pun tidak tertandingi oleh makhluk lain.

Memang malaikat dimuliakan oleh Allah SWT, namun malaikat yang tidak menyombongkan diri pun takut kepada kemurkaan Allah SWT. Itu sebabnya apapun yang diperintahkan pasti akan dijalankan. Kemuliaan para malaikat ini tercantum dalam surat Al-Anbiya ayat 26.

Tidak Memiliki Nafsu

Makhluk Allah SWT ini tercipta tanpa nafsu. Berbeda dengan manusia yang selalu terjerat godaan jin. Malaikat hanya fokus dengan beribadah kepada Allah SWT dan menjalankan tugas-tugas yang diperintahkan-Nya. Mereka tak memiliki keinginan apapun termasuk makan dan minum.

Dalam surat Az-zariyat ayat 27 dan 28 dijelaskan tentang ketiadaan nafsu pada malaikat. Suatu ketika Nabi Ibrahim menghidangkan makan kepada mereka, namun malaikat menolaknya. Malaikat hanya menyampaikan pesan dari Allah SWT kemudian pergi.

Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan mengapa malaikat selalu taat kepada Allah. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *