Mengapa Norma Diperlukan dalam Masyarakat

Mengapa Norma Diperlukan dalam Masyarakat?

Mengapa norma diperlukan dalam masyarakat? Norma jika diartikan secara singkat adalah aturan, namun ada yang baku dan ada juga yang tidak. Biasanya tercipta atas kesepakatan bersama dalam sebuah lingkungan.

Pertanyaannya, kenapa norma sangat diperlukan dalam sebuah lingkungan kemasyarakatan?

Nilai dan norma adalah dua hal yang berbeda. Nilai lebih mengarah ke sesuatu yang dijunjung tinggi, sedangkan norma mengikat nilai tersebut. Ada beberapa alasan kenapa hal tersebut sangat diperlukan dalam masyarakat dan inilah penjelasan lengkapnya:

Mewujudkan Ketertiban Masyarakat

Norma diciptakan untuk mewujudkan ketertiban dalam masyarakat. Misalkan, mencuri adalah termasuk tindakan tercela, terdapat nilai kebenaran yang diingkari.

Seseorang yang sudah ketahuan mencuri akan mendapatkan sanksi baik secara sosial yaitu dicemooh dan dihindari ataupun hukum, diadili sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sanksi ini merupakan implementasi dari norma yang sudah terbangun sebelumnya.

Bisa dibayangkan saja jika tidak ada aturan seperti itu, pasti sebuah lingkungan akan kacau dan tidak ada lagi ketentraman.

Menjadi Pengontrol Sosial

Poin kedua ini berkaitan dengan yang pertama. Ketika seseorang yang berbuat salah takut mendapatkan sanksi sosial ataupun hukum, maka ia akan berpikir dua kali untuk melakukan kejahatan.

Inilah fungsi norma sebagai pengontrol, jadi pengawasan tidak terlihat terhadap masyarakat dalam sebuah lingkungan.

Tercipta Keamanan dalam Masyarakat

Ketika ketertiban sudah berjalan dan alat pengontrol sosial berjalan sebagaimana mestinya, maka akan tercipta keamanan dalam masyarakat. Semua akan hidup tenang tanpa adanya pelanggaran yang berarti. Walaupun mustahil, karena tindak kriminal akan terus terjadi.

Setidaknya, masyarakat tidak perlu bekerja keras mengatasi situasi yang tidak bisa diprediksi dan kehidupan akan tetap berjalan sebagaimana mestinya. Jadi, betapa pentingnya norma sehingga harus ditegakkan dengan benar.

Sebagai Pegangan Masyarakat

Masyarakat dalam suatu lingkungan akan merasa bingung jika tidak ada aturan yang berlaku atau mengikatnya. Norma sangat penting diciptakan sebagai dasar bersosial oleh masyarakat. Walaupun tidak baku tapi jika penyampaiannya baik, maka masyarakat akan paham dengan sendirinya.

Contohnya, tidak ada aturan tertulis bagi seorang pecandu narkoba dijauhi oleh masyarakat dan dianggap aneh, tapi pada kenyataannya hal tersebut terjadi. Norma digunakan sebagai pegangan kalau hal tersebut ternyata akan menimbulkan konsekuensi.

Artikel Terkait

Leave a Comment