Mengapa Pendidikan Itu Penting

Mengapa Pendidikan Itu Penting?

Mengapa Pendidikan Itu Penting? Pendidikan merupakan sebuah pembelajaran, kebiasaan, dan keterampilan yang dimiliki oleh seseorang. Pendidikan akan memberikan perubahan pada setiap individu dan berdampak untuk kehidupan di masa mendatang. Lalu, mengapa pendidikan itu penting bagi setiap individu?

Pendidikan yang diperoleh oleh setiap insan, termasuk seluruh rakyat Indonesia yang sifatnya formal dan non formal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang Anda dapatkan di instansi sekolahan. Sedangkan pendidikan non formal diperoleh dari luar sekolah dan lebih berfokus pada pengembangan. Berikut ini beberapa alasan mengapa pendidikan itu penting.

Memperluas Pengetahuan

Sesuai dengan isi Undang-Undang Dasar 1945, pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Bangsa yang cerdas terbentuk dari luasnya pengetahuan yang dimiliki. Mengenyam pendidikan hingga jenjang tertentu sudah pasti memperluas pengetahuan.

Pendidikan berisi sebuah informasi yang tidak akan habis dan akan terus bertambah serta mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Pengetahuan yang dimiliki seseorang akan memberikan pandangan dari berbagai sisi di kehidupan.

Membentuk Karakter Seseorang

Alasan mengapa pendidikan itu penting adalah untuk membangun karakter suatu bangsa, karena hal ini bisa dimulai dari sebuah pendidikan. Bersekolah dan mengembangkan bakat bukan hanya sekedar memperluas pengetahuan, tetapi juga menumbuhkan perilaku yang sesuai dengan norma-norma di masyarakat.

Ketika seseorang sudah memiliki pemahaman yang baik, maka sebagai individu bisa menempatkan diri dan merencanakan jalan kehidupannya di masa depan. Adanya pendidikan membuat manusia lebih manusiawi.

Menunjang Karir

Pendidikan pada dasarnya bukan untuk mencari sebuah pekerjaan, tetapi pekerjaan bisa diraih ketika seseorang mengenyam pendidikan. Semakin tinggi pendidikan yang dicapai, semakin luas pula pola pikir yang dimiliki. Dengan demikian, pendidikan tersebut bisa menunjang karir.

Memajukan Kehidupan Suatu Bangsa

Kebutuhan dasar manusia adalah sandang, pangan dan papan. Tetapi, ada kebutuhan lain yang tidak kalah penting yakni pendidikan. Pendidikan ini mampu membantu memajukan kehidupan bangsa di masa depan.

Masyarakat yang berpendidikan tinggi dan berakhlak baik, bisa lebih memaksimalkan pembangunan untuk masyarakat sekitar di berbagai sektor, khususnya ekonomi dan sosial. Kehidupan bangsa juga menjadi lebih kuat, erat, dan maju.

Menjadi Pencerah Kehidupan

Setiap individu pasti tidak terlepas dari kesalahan, baik ucapan maupun perbuatan. Pendidikan akan memberikan wawasan yang benar untuk memandang sebuah hal. Ketika ada pemikiran yang salah, pendidikan-lah yang bertugas untuk meluruskan dan membenarkannya.

Pentingnya pendidikan juga dikarenakan sebagai pencerah kehidupan manusia dalam menjalin hubungan dengan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Seseorang yang berwawasan luas akan terus menggali pengetahuan, bertanya, dan mengembangkan diri.

Demikian informasi mengapa pendidikan itu penting bagi kita, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *