Mengapa Meteor Berpijar pada saat Jatuh ke Bumi

3 Meteor Jatuh Ke Bumi

Mengapa meteor berpijar pada saat jatuh ke bumi? Meteor adalah batuan yang ada di angkasa. Bentuknya lebih kecil daripada asteroid. Meteor berpotensi untuk jatuh ke bumi, beberapa ada yang hancur terkena lapisan atmosfer, namun yang lainnya berhasil diabadikan.

3 Meteor Jatuh ke Bumi

Ketika Anda masih duduk di bangku SMA, pasti sering sekali mendapatkan pertanyaan, apakah ada meteor yang jatuh ke bumi? Bagaimana bentuknya dan di daerah mana saja ditemukan? Pertanyaan Anda akan terjawab dengan beberapa poin di bawah ini:

Willamette

Willamette adalah meteor terbesar yang jatuh ke bumi dengan berat hampir 15, 5 ton dan panjang 7,8 meter. Willamette jatuh di Amerika yang sekarang diabadikan oleh American Museum of Natural History di Kota New York.

Mbozi

Mbozi ditemukan jatuh di Tanzania pada tahun 1930. Panjangnya mencapai 3 meter dengan berat 25 ton. Ia terkubur oleh tanah, baru diketahui ketika ada seseorang yang menggalinya.

Cape York

Cape York bertabrakan dengan atmosfer bumi sekitar 10.000 tahun yang lalu. Tahun 1993 ditemukan di Greenland dengan berat mencapai 20 ton. Cape York saat ini berada di Museum Geologi Universitas Copenhagen Denmark.

Alasan Mengapa Meteor Berpijar pada saat Jatuh ke Bumi

Definisi populer yang beredar di kalangan Masyarakat yaitu bintang jatuh, alasan kenapa ia berpijar tak lain berkaitan dengan komposisi meteor itu sendiri. Anda pasti bingung kira-kira pelajaran apa yang membahasnya dengan cukup jelas? Jawabannya adalah Fisika.

Dalam ilmu Fisika dijelaskan bahwasanya meteor terbuat dari batuan dan debu, yang ketika jatuh bergesekan dengan atmosfer dan lapisan udara yang melindungi bumi. Gesekan tersebut mengakibatkan panas yang membuat ia terbakar dan bersinar ketika jatuh ke bumi.

Meteor tidak selamanya terbakar, ia akan padam dengan sendirinya. Waktu jatuhnya pun tidak bisa diperkirakan, namun ketika jatuh di siang hari, cahayanya akan kalah dengan sinar matahari. Beberapa meteor yang tidak terlalu kuat, akan hancur sebelum sampai ke tanah.

Meteor besar yang jatuh bisa langsung dilihat dengan mata telanjang. Sebaliknya, jika kecil, nyaris tidak terlihat. Fenomena ini sangat langka terjadi, berhasil melihatnya maka merupakan sebuah keberuntungan dan perlu diabadikan.

Jika Meteor Jatuh Ke Bumi Apa Yang Akan Terjadi?

Jika meteor jatuh ke bumi apa yang akan terjadi? Maka akan berdampak besar bila meteor jatuh ke bumi. Bagian yang terkena jatuhan meteor dan bisa menghancurkan bumi bila meteor itu sangat besar.

Atau bahkan menurut penelitian punahnya dinosaurus juga akibat hantaman asteroid ke bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *