Pahami Sekian Persiapan untuk Kuliah di Luar Negeri Ini!

Pahami Sekian Persiapan untuk Kuliah di Luar Negeri Ini!

Anda berencana untuk kuliah di luar negeri? Ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar semua berjalan lancar. Salah satunya yakni cara transfer uang ke luar negeri agar dapat memenuhi kebutuhan disana dengan mudah. 

Bagaimanapun juga, biaya adalah salah satu persiapan penting sebelum kuliah di luar negeri. Dalam persoalan ini, biaya remittance juga harus dipertimbangkan. Namun selain itu, ada juga beberapa hal penting untuk dipersiapkan sebelum Anda menuntut ilmu di negara asing. 

5 Persiapan Sebelum Kuliah ke Luar Negeri 

5 Persiapan Sebelum Kuliah ke Luar Negeri 
Foto : freepik.com

Menuntut ilmu tidak memandang usia juga jarak, Anda bisa menuntut ilmu sampai ke negeri orang jika ada kesempatan. Terlebih beberapa universitas ternama di luar negeri memang tidak perlu diragukan kualitasnya. Bahkan di negeri kita, lulusan beberapa universitas internasional lebih diprioritaskan dalam sebuah perusahaan. 

Namun, sebelum Anda berangkat untuk kuliah di luar negeri, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Satu di antaranya sudah disinggung di atas, yaitu cara transfer uang ke luar negeri. Penjelasan selengkapnya, sudah kami rangkumkan berikut ini. 

  1. Bahasa 

Apabila Anda berencana untuk melanjutkan studi di negeri orang, maka hal pertama yang harus dipersiapkan adalah penguasaan bahasa. Anda tentu tidak ingin kesulitan dalam berkomunikasi ataupun menangkap setiap mata kuliah, bukan? Jadi penguasaan bahasa ini tidak boleh sampai dilewatkan. 

Terlebih jika Anda ingin kuliah di negara Arab, Jepang, Cina, ataupun negara lain yang bukan hanya berbeda bahasa, tetapi juga tulisan yang digunakan. Maka, sebaiknya Anda mempersiapkan diri dengan mengikuti kursus singkat sebelum berangkat ke luar negeri. 

Dengan begitu, akan semakin kecil risiko kendala berkomunikasi atau menangkap materi kuliah akibat tidak paham dengan bahasa ataupun huruf di negara tersebut. 

  1. Jurusan

Persiapan selanjutnya yang tidak kalah penting ialah memilih jurusan sesuai minat juga kemampuan. Jangan sampai Anda kuliah di jurusan yang sebenarnya sama sekali tidak Anda kuasai, tetapi memilihnya hanya demi gengsi atau alasan lain yang tidak masuk akal. 

Jurusan yang sesuai dengan minat juga kemampuan Anda, akan berpengaruh besar dalam kelancaran studi. Anda tentu tidak ingin menghabiskan banyak waktu juga biaya untuk kuliah di luar negeri melebihi waktu yang semestinya. Apalagi hanya karena ketidakmampuan mengikuti mata kuliah.

  1. Memilih Universitas 

Setelah memilih jurusan yang sesuai, saatnya menentukan kampus tempat Anda kuliah nantinya. Carilah informasi selengkap mungkin dari beberapa kampus yang memiliki jurusan yang Anda inginkan. 

Hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah persyaratannya, biaya, dan juga beberapa informasi seputar kegiatan kampus beserta tanggal-tanggal penting, serta bahasa. Akan jauh lebih mudah jika menggunakan Bahasa Asing yang sudah Anda kuasai seperti Bahasa Inggris misalnya. 

Hal ini dikarenakan, tidak jarang universitas di negara yang bahasa nasionalnya bukan Bahasa Inggris, tetapi karena siswanya dari berbagai negara maka menggunakan bahasa universal tersebut dalam proses mengajar. 

  1. Kelengkapan Dokumen 

Jurusan dan universitas sudah Anda dapatkan, selanjutnya persiapkan kelengkapan untuk mendaftar di sana. Jarak yang amat jauh, tentu akan sangat menyulitkan jika Anda ternyata tidak membawa seluruh kelengkapan persyaratan yang dibutuhkan. 

Oleh karena itu, cari informasi sedetail mungkin mengenai persyaratan yang dibutuhkan, agar Anda bisa melengkapinya. 

  1. Biaya 

Kuliah di luar negeri, tentu memerlukan banyak biaya. Anda harus mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Baik biaya pendaftaran, kuliah, juga biaya hidup seperti tempat tinggal, makan, serta kebutuhan lainnya. 

Namun Anda tidak mungkin langsung membawa uang cash dalam jumlah sangat banyak. Solusinya, harus transfer antar negara. Nah, bagaimana cara transfer uang ke luar negeri? Ada banyak cara sebenarnya, tetapi Anda harus jeli dalam memilih salah satunya. Perhatikan nilai kurs, serta biaya remittance yang akan dikenakan untuk setiap transaksi. 

Dengan begitu, Anda bisa menerima transferan di luar negeri tanpa harus dikenakan biaya potongan yang terlalu besar. Uang tersebut bisa Anda gunakan semaksimal mungkin untuk segala kebutuhan selama tinggal di negeri orang. 

Jadi, jika Anda kuliah bukan lewat jalur beasiswa, sebaiknya pilih universitas dan tempat tinggal dengan harga terjangkau. Sedangkan untuk masalah transfer ke luar negeri, Anda bisa gunakan aplikasi digibank by DBS. Mengapa harus digibank by DBS? Berikut ini beberapa keunggulan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi tersebut. 

Aplikasi digibank by DBS: Akses Remittance Termudah

Dari sekian banyak pilihan cara transfer uang ke luar negeri yang bisa Anda gunakan, mengapa kami merekomendasikan Aplikasi digibank by DBS? Karena aplikasi ini memiliki banyak keunggulan yang akan sangat menguntungkan penggunanya. 

Anda tidak perlu mendatangi cabang untuk melakukan transfer uang ke luar negeri, tetapi cukup dengan mengunduh aplikasi tersebut di ponsel, lalu bisa bertransaksi kapan saja dan di mana saja. Selain itu, digibank by DBS juga memiliki beberapa keunggulan yang akan semakin menguntungkan penggunanya, di antaranya: 

  1. Bebas Biaya 

Dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, Anda bisa transfer ke lebih dari 20 negara tujuan, dengan tujuh mata uang asing, yaitu USD, SGD, EUR, AUD, GBP, CAD, dan HKD tanpa dikenakan biaya transfer.

  1. Dapat Diakses Kapan Saja

Layanan transfer valas digibank by DBS bisa diakses 24 jam selama 7 hari dalam sepekan. Hanya dengan ‘klik’ aplikasi maka sudah bisa bertransaksi. 

  1. Nilai Tukar yang Kompetitif 

Keunggulan lainnya ialah nilai tukar yang kompetitif. FX rate yang selalu update dan kompetitif tanpa ada biaya tambahan lainnya.

  1. Diterima di Hari yang Sama

Dengan menggunakan aplikasi ini, proses transfer lebih cepat dan selama transaksi tidak melebihi batas waktu yang berlaku, maka uang akan sampai di hari yang sama.

Jadi, jika Anda membutuhkan cara transfer uang ke luar negeri yang cepat, aman, mudah, dan murah, gunakan Aplikasi digibank by DBS. Informasi selengkapnya, bisa Anda dapatkan di website www.dbs.id. 

Artikel Terkait

Leave a Comment