Bagaimana Perkembangan Bahasa Indonesia Purba

Perkembangan Bahasa Indonesia Purba

Bagaimana Perkembangan Bahasa Indonesia Purba? Nah pembasahan kali ini akan dijelaskan sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia dimulai dari Bahasa Indonesia Purba.

Bahasa merupakan sebuah alat komunikasi yang digunakan oleh suatu kelompok masyarakat di wilayah tertentu. Bahasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis bahasa sendiri dibagi menjadi 3 bagian, yakni bahasa daerah, nasional, dan internasional.

Orang Indonesia menggunakan bahasa kesatuan (nasional) berupa bahasa Indonesia. Perkembangan bahasa Indonesia terbilang cukup panjang karena setiap wilayah dari Aceh hingga Papua memiliki bahasa daerah masing-masing.

Lantas, bagaimanakah perkembangan bahasa Indonesia purba?

Berasal dari Rumpun Bahasa Purba Austronesia

Bahasa Austronesia sering disebut sebagai bahasa kepulauan, karena merupakan rumpun bahasa dengan penyebaran yang sangat luas. Wilayah persebarannya mulai dari Taiwan, Hawai, hingga Selandia Baru, Madagaskar, dan Pulau Paskah.

Rumpun bahasa Austronesia tidak memiliki sejarah yang panjang dalam bentuk tulisan. Jika direkonstruksi, bahasa purba dari Austronesia sangat sulit untuk ditemukan. Batasan rekonstruksi hanya sampai ke Proto-Austronesia.

Berkembang Hingga ke Bahasa Indonesia

Perkembangan rumpun bahasa Austronesia mendarat di wilayah Asia Tenggara, khususnya di tanah Melayu. Bahasa ini bergeser menjadi Melayu Polinesia (MP) yang terbagi menjadi MP barat dan Timur.

Melayu Polinesia Timur berkembang di wilayah Nauru, Chamorro, Samoa, Maori, Sama, Tonga, hingga Tahili. Sedangkan Polinesia Barat berkembang di wilayah Malaysia, Brunei, Indonesia, hingga Taiwan.

Ketika di wilayah Indonesia, MP berkembang menjadi Melayu Sumbawa.

Bahasa Melayu Sumbawa berkembang lagi menjadi bahasa Chamik dan Melayik.

Namun, beberapa teori menolak 2 sub kelompok dari Melayu Sumbawa karena dianggap berbeda dari ciri khas bahasa Austronesia.

Sub kelompok lain yang masuk pada bahasa Melayu Sumbawa adalah Melayu Riau yang digunakan oleh orang-orang di Minangkabau, Padang, dan sekitarnya.

Bahasa Melayu Riau mulai dikenalkan dan menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia.

Penyebaran bahasa Melayu Riau bersamaan dengan penyebaran agama Islam di Indonesia. Bahasa dan agama Islam dibawa oleh para saudagar yang melakukan jual beli antar pulau.

Berawal dari inilah, muncul bahasa baru yang disebut bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Nasional

Agama Islam dan bahasa Indonesia yang dibawa oleh para saudagar ini sangat mudah diterima dan dipahami, sehingga pada akhirnya bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa nasional.

Bahasa Indonesia juga bisa dikatakan sebagai bahasa Melayu dengan dialek yang berbeda.

Baca : Pendidikan Bahasa Indonesia

Demikian pembasahan bagaimana perkembangan bahasa Indonesia purba dengan alur sejarahnya. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *