Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia

Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia

Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia? Negara yang terdiri dari rangkaian pulau-pulau dengan keanekaragam di berbagai aspek adalah Indonesia. Bumi pertiwi ini memiliki semboyan ‘Bhinneka Tunggal Ika’ yang berarti ‘Berbeda-beda tetapi tetap satu jua’. Negara kepulauan sangat mengedepankan persatuan demi terciptanya kesatuan negara.

Indonesia bisa terbentuk karena kesediaan kerajaan-kerajaan di masa lampau untuk dijadikan satu menjadi sebuah negara. Persatuan akan tetap dijaga dan dipertahankan hingga sekarang. Mengapa persatuan sangat penting untuk kesatuan Indonesia?

Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi Bangsa Indonesia hal itu karena beberapa hal seperti di bawah ini :

Sebagai Identitas Bangsa

Indonesia sudah dikenal sebagai negara yang memiliki keanekaragam yang berbeda-beda. Pentingnya sebuah persatuan bagi Indonesia adalah untuk menunjukkan identitas diri bangsa kepada pihak luar.

Sebuah bangsa yang mampu mengenalkan identitas atau karakternya kepada bangsa lain, maka akan lebih dihargai atas semua tindakan yang dilakukan. Bangsa lain juga menganggap jika persatuan dari bangsa Indonesia terlalu kuat dan kokoh.

Bhinneka Tunggal Ika

Prinsip Bhinneka Tunggal Ika yang dianut oleh bangsa Indonesia akan menjauhkan diri dari sikap yang tidak sepantasnya, seperti mengedepankan kepentingan pribadi atau golongan tertentu, bersikap rasis, maupun fanatis.

Menumbuhkan Rasa Nasionalisme

Adanya banyak perbedaan yang dimiliki Indonesia membuat masyarakat lebih menghargai setiap perbedaan tersebut. Jika masyarakat bersatu padu dan selalu bergotong royong, maka keutuhan suatu bangsa bisa terjaga hingga selamanya.

Rasa nasionalisme yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan salah satu cara untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Namun, nasionalisme ini juga tidak menghalangi masuknya modernisasi seiring perkembangan zaman.

Menunjukkan Kebebasan yang Bertanggung Jawab

Persatuan bangsa merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dari seorang individu atau rakyat terhadap negaranya. Setiap masyarakat bisa bebas bersikap dan bertindak sesuai keinginan, tetapi tetap bertanggung jawab untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.

Persatuan Merupakan Wawasan Nusantara

Pentingnya sebuah persatuan tidak terlepas dari fungsinya sebagai wawasan Nusantara. Jika bangsa Indonesia memiliki wawasan yang luas, maka perwujudan persatuan dan kesatuan di semua bidang akan dicapai dengan mudah.

Hal ini dikarenakan bangsa Indonesia sudah memiliki rasa senasib, sebangsa, sedarah, dan setanah air. Perasaan yang sama menjadi wawasan yang diturunkan kepada generasi muda, agar terus menjaga persatuan Indonesia dalam keadaaan apapun.

Sekian informasi tersebut untuk menjawab mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *