Protokol Aktivitas di Fase New Normal Pandemi Virus Korona

Protokol Aktivitas di Fase New Normal Pandemi Virus Korona

Di masa persiapan menyambut fase new normal, tentu pemerintah telah menyiapkan berbagai hal yang nantinya harus diterapkan dalam masa new normal. Saat ini Indonesia mulai bersiap menyambut fase new normal di tengah pandemi virus korona yang terus menginfeksi jutaan orang di dunia. Bahkan  pemerintah telah menginstruksikan agar fase kenormalan baru ini dapat dipersiapkan dengan baik. Selain itu, sosialisasi new normal diinstruksikan dapat dilakukan secara besar-besaran untuk mengedukasi masyarakat.

Pemerintah menyebutkan jika masyarakat harus bisa hidup berdamai dengan Covid-19 dan meminta kepada masyarakat agar terus meningkatkan kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan sebelum memasuki pola hidup normal yang baru di tengah pandemi ini. itu mengapa pemerintah telah menyusun protokol Kesehatan yang harus ditaati ketika memasuki new normal.

Protokol New Normal di Tengah Pandemi

Berikut ini protokol yang harus ditaati untuk menyambut fase new normal.

1. Mencuci tangan

Tentu sudah tidak asing lagi dengan panduan untuk membersihkan tangan. Bersihkan tangan sesering mungkin di bawah aliran air minimal selama 20 detik. Bila perlu gunakan gel pembunuh kuman agar lebih efektif dalam membasmi kuman. Jagalah kebersihan tangan dengan cairan pencuci tangan atau hand sanitizer, meskipun permukaan tangan tidak terlihat kotor.

2. Hindari menyentuh wajah

Hindarilah menyentuh area wajah, khususnya mata, hidung dan mulut. Apalagi dalam kondisi tangan yang belum bersih. Tangan dapat membawa virus yang dapat diperoleh saat kita beraktivitas. Apabila tangan kotor dan digunakan menyentuh wajah, maka virus dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

3. Menutup mulut ketika bersin atau batuk

Ketika anda bersin atau batuk, tubuh akan mengeluarkan virus dari dalam tubuh. sementara virus dapat mengenai orang lain, sehingga orang tersebut dapat terinfeksi virus yang berasal dari tubuh kita. Jadi sebaiknya ketika anda batuk atau bersin tutuplah mulut dan hidung menggunakan lengan atas bagian dalam.

4. Gunakan masker

Ketika tubuh anda tidak sehat, ada baiknya anda menggunakan masker medis saat bepergian keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain. Masker medis hanya dapat digunakan satu kali dan harus langsung diganti setelah digunakan.

Setelah menggunakan masker, jangan lupa untuk membuang masker tersebut ke tempat sampah yang tertutup dan cuci tangan setelahnya. Akan tetapi untuk menghindari tertular, bagi Anda yang sehat juga dianjurkan untuk selalu mengenakan masker non-medis atau masker kain.

5. Jaga jarak 

Pemerintah sudah mengeluarkan peraturan untuk menjaga jarak anda dan orang lain. Ini dilakukan agar terhindar dari paparan virus, seperti SARS-CoV-2 yang mewabah seperti saat ini, maka perlunya selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter. Adapun Physical distancing atau jaga jarak ini diimbau agar masyarakat tidak mendatangi kerumunan, serta meminimalisir kontak fisik dengan orang lain dan tidak mengadakan acara yang mengundang orang banyak.

6. Isolasi mandiri

Jika anda merasa tidak sehat ataupun sehabis bepergian dari tempat yang terpapar virus ini, maka ada baiknya anda melakukan isolasi mandiri di rumah. Apalagi jika anda mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan atau sesak napas. Ketika anda merasakan gejala tersebut, maka secara sadar Anda dan sukarela melakukan isolasi mandiri di rumah.

7. Menjaga kesehatan

Ada baiknya jika anda tidak berkegiatan di luar rumah, pastikan kesehatan fisik selalu terjaga dengan berjemur sinar matahari pagi selama beberapa menit, mengonsumsi makanan bergizi, dan melakukan olahraga ringan.

Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan seputar tips untuk pola hidup sehat selama pandemic ini berlangsung. Halodoc hadir untuk mempermudah anda dalam berkonsultasi. Ada banyak dokter terpercaya yang bisa anda temui di aplikasi Halodoc ini. Selain itu, Anda juga dapat membeli obat secara mudah hanya lewat aplikasi Halodoc.

Nah, itu dia protokol aktivitas di fase new normal yang harus anda ketahui. Menjaga Kesehatan dan daya tahan tubuh tetap terjaga adalah hal yang paling penting. Jadi, konsumsilah makanan yang sehat agar tubuh tetap sehat. Stay safe and stay health!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *