Belajar SEO
Belajar SEO

Guru SEO, Pakar SEO, Master SEO, Konsultan SEO, Ahli SEO, Praktisi SEO, tetap butuh belajar SEO lebih giat lagi agar lebih baik kedepannya. Dengan belajar SEO, dan membuat artikel yang disukai google tentu merupakan salah satu upaya agar beberapa kata kunci yang sangat tinggi tingkat persaingannya dapat raih. Bisa dikatakan susah untuk bisa di halaman satu google dengan beberapa kata kunci tersebut. Meskipun begitu, tidak ada salahnya mencoba beberapa teknik optimasi agar bisa di halaman pertama search engine google. Cocok?

Belajar SEO Gratis!

Belajar SEO tidak melulu tentang optimasi mesin pencari, namun memberikan pemahaman bahwa menjadi seorang yang paham melihat peluang, itu menjadi tolak ukur keberhasilan diri kedepannya.

Berusaha untuk tidak menjadi yang terbaik, namun tetap memberikan yang terbaik. Karena saya saya yakin, ilmu yang bermanfaat merupakan amal jariah tak habis dimakan zaman.

Cara saya berbagi juga tidak sembarangan, artinya punya aturan main yang diterapkan agar tidak terkesan gampangan. Bisa dengan cara rutin mengunjungi kantor yang saat ini saya sewa di Komplek Bumi Asri Blok B No. 186, Medan. Ataupun jumpa tengah, bisa di cafe atau tempat yang nyaman untuk bisa berbagi. Yang terpenting adalah keinginan mereka yang mau belajar. Paling, saya diberikan air minum berwarna dan cemilan agar tidak pahit lidah kalau tidak ada yang dikunyah. Karena saya memberikan ilmu kepada mereka yang sangat ingin belajar, tanpa wajib membayar. Yang dikenakan bayaran adalah bagi mereka yang ingin cepat mendapat ilmu SEO ataupun digital marketing secara instan. Selebihnya, tidak.

Nah, kita mulai belajarnya ya. Di zaman yang serba internet ini, tentunya memudahkan kita dalam melakukan aktivitas dan mencari pengetahuan baru. Siapa yang tak mengetahui search engine? Search engine merupakan Bahasa Inggris dari mesin pencari, yang selama ini kita gunakan untuk mencari informasi dan pengetahuan baru. Namun tahukah Anda apa itu search engine dan sejarahnya?

Saat pertama kali mendengar kata search engine atau yang lebih kita kenal dengan sebutan mesin pencari, kata pertama yang terlintas adalah Google. Namun sebenarnya, mesin pencari bukan hanya google, ada yahoo, Microsoft Network (MSN), Bing, WebCraler, Look Smart, dan masih banyak lagi.

Sebagai pengguna search engine yang baik, tentunya Anda harus mengetahui apa itu search engine dan sejarahnya. Tidak hanya sebagai pengguna yang mencari segala informasi tapi informasi mengenai search engine itu sendiri bisa ketahui. Apa itu search engine dan sejarahnya? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Search Engine Dan Sejarahnya

1. Pengertian Search Engine

Search engine adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk mencari berbagai informasi berupa gambar, dokumen, text, ataupun video yang tersimpan pada layanan World Wide Web (www), publikasi, Mailing List (milis), File Transfer Protocol (ftp), dan newsgroup dalam satu jaringan. Search engine merupakan aplikasi yang menyediakan jasa pencarian informasi dalam bidang internet. Sedangkan hasil dari pencariannya dinamakan sebagai Search Engine Result Pages (SERPs). Hasil pencarian dari mesin pencari akan ditampilkan dari berbagai data informasi yang bersumber dari berbagai website, Blog dan forum tertentu.

Beberapa jenis mesin pencari melakukan pengumpulan informasi data yang tersimpan dalam suatu basis data dan direktori web. Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basis data tertutup seperti safari google. Akan tetapi pada saat ini telah ada beberapa usaha yang dilakukan dalam rangka membuat search engine yang bersifat opensource. Contohnya seperti open FTS, htdig, egothor, nutch, dan sebagainya.

2. Sejarah Search Engine

Search engine muncul dan berkembang mulai tahun 1990-an setelah lahirnya internet pada akhir tahun 1980-an atau awal 1990-an. Berawal dari diciptakannya perangkat lunak Archie oleh Alan Emtage, Bill heelan dan J. Peter Deutsch, mahasiswa ilmu komputer di Universitas McGill, Montreal, Kanada pada tahun 1990. Kemudian archie merupakan software pencarian terhadap semua file yang ada di daftar direktori. Mendownload dan menyimpan daftar tersebut di lokasi FTP dan membuat data base dari daftar tersebut. Archie yang merupakan search engine pertama di dunia berfungsi sebagai pencari file di internet, bukan mencari keyword seperti yang telah kita ketahui sekarang.

Archie merupkan aplikasi search engine pertama yang mampu mengindexfile-file yang terdapat pada FTP server publik. Sehingga Archie disebut sebagai nenek moyang search engine, yang kemudian disusul oleh veryeasyRodent-OrientedNet-wideIndextoKomputerizadArchives (Veronica) dan Jonzy’s Universal GopherHierarchyExcavation And Display (Jughead) yang mampu mengindex halaman-halaman plaintext yang terdapat pada servergoper.

Saat ini, sudah terdapat banyak macam jenis search engine yang dapat kita akses. Diantaranya adalah Aol (1993), yahoo (1994), Altavista (1995), Aks (1996), Look Smart (1997), Google(1998), Alltheweb (1999-2011), Gigablast (2000) MSN (2004), Bing (2009), WebCrawler, Excite, dan masih banyak lainnya.

Peran Search Engine

Sejak adanya mesin pencarian seperti google, bing dan sebagainya, banyak para ahli yang mulai mengembangkan dan mencari informasi mengenai cara kerja SEO. Ketika sebuah website atau blog berada mendapatkan tempat pada pada mesin pencarian, maka trafik dari website blog tersebut akan semakin tinggi dan blog tersebut akan semakin besar dan berkualitas.

Lalu? Seberapa pentingkah peran search engine dalam meningkatkan performa website blog?

1. Menjadikan Blog Berada Pada Posisi Pertama Pada Mesin Pencarian

Pentingnya peran search engine dalam meningkatkan peforma website blog adalah untuk mengoptimasi secara teratur, sehingga website blog yang dikelola berkesempatan untuk berada pada halaman pertama hingga ketiga pada mesin pencarian.

Dengan adanya website blog pada halaman pertama, maka jumlah pengunjungnya akan meningkat dan tentu saja trafiknya pun juga meningkat. Dengan banyaknya trafik pada websiteblog tersebut, maka akan sangat mudah mendaftarkan situs blog tersebut menjadi publisher iklan. Selain itu juga dengan trafik yang padat, akan memberikan semangat tersendiri untuk mengelolanya.

2. Membuat Blog Semakin Dikenal Luas

Dengan adanya website blog di halaman pertama pada mesin pencarian, maka secara otomatis blog tersebut akan semakin dikenal luas, sehingga banyak pengunjung yang mengetik alamat situs blog Anda di address bar mereka. Bila website blog memiliki kualitas yang baik, maka pengunjung akan terkesan dan mengingatnya serta tak jarang pula merekomendasikan untuk dibaca orang lain.

3. Memudahkan Blog Dalam Menawarkan Produk

Bagi seorang blogger yang memanfaatkan blognya sebagai sarana berjualan, search engine memiliki peran sebagai sales yang bekerja 24 jam dalam menawarkan produk Anda. Apabila Anda menerapkan SEO dengan benar, maka produk Anda semakin besar kemungkinannya untuk dilihat banyak orang dan mungkin saja mereka tertarik dengan produk yang ditawarkan.

4. Memungkinkan Blog Untuk Diterima Sebagai Publisher Google Adsense

Dengan memanfaatkan search engine dengan baik dalam mengelola blog, akan memudahkan Anda dalam mendaftarkan blog tersebut menjadikan publisher dalam layanan iklan Google Adsense. Kemudahan ini didapatkan karena Google sendiri mencari blog yang berkualitas dan memiliki banyak pengunjung untuk dijadikan publishernya. Dengan demikian, apabila telah diterima sebagai publisher Google Adsense, tidak tertutup kemungkinan akan memperoleh penghasilan lebih.

5. Memberikan Ilmu

Dengan belajar SEO dan memanfaatkan search engine secara maksimal pada website blog, maka akan ada banyak ilmu-ilmu baru yang akan didapat, dan tidak tertutup kemungkinan untuk menjadikanmu sebagai pakar SEO. Selain itu juga dengan belajar SEO dan memaksimalkan penggunaannya, Anda akan lebih mengenal teknik dalam optimasinya. Seperti SEO On Page yang merupakan teknik pengoptimalan yang berasal dari website itu sendiri. Adapun beberapa cara yang mudah untuk diterapkan seperti, membuat judul dan konten yang menarik, memanfaatkan heading, menggunakan tampilan yang responsif dan SEO Friendly. Lalu SEO Off Page yang merupakan teknik pengoptimalan yang berasal dari luar website itu sendiri. Teknik yang bisa dilakukan seperti membangun backlink yang berasal dari media sosial, forum maupun bookmarking. Selain bisa juga dengan promosi website dan melakukan blogwalking.

Apa Itu SEO Dan Kelebihan Teknik SEO

Sebelum terlalu jauh pembahasan kita mengenai SEO, berikut ini dijelaskan mengenai defenisi apa itu SEO serta cara mengoptimasinya. Namun, perlu diketahui bahwa tujuan dari pengotimalan SEO adalah agar website atau blog menduduki peringkat atas dari pencarian di google atau search engine lainnya. Cara optimasi SEO dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page. Dengan menduduki peringkat awal di mesin pencarian maka ada banyak keuntungan yang didapatkan oleh pemilik website atau blog. Misalnya saja mendapatkan banyak pengujung, karena sebagian besar pengujung biasanya akan meng-klik artikel yang berada di posisi awal halaman. Sehingga artikel Anda akan lebih banyak dibaca orang.

Ada banyak kelebihan jika Anda menggunakan teknik optimasi SEO. Dalam belajar SEO, pertama Anda akan mendapatkan visitor atau pengunjung pada blog atau website Anda semakin bertambah. Kedua, hal tersebut akan meningkatkan citra dari usaha atau perusahaan yang Anda kelola dalam website. Ketiga, jika Anda menjual suatu produk maka penjualan produk tersebut akan meningkat. Dan keempat atau yang terakhir adalah Anda akan mendapatkan biaya promosi yang murah dan dapat bekerjasama dengan Google Adsesnse. Dengan begitu maka pundi-pundi uang Anda akan semakin bertambah.

Mengapa SEO Sangat Penting

Pemahaman tentang SEO sebenarnya sangat luas dan mencangkup banyak hal. Akan tetapi ada beberapa hal dasar yang memang sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu. Termasuk pemahaman tentang pentingnya SEO untuk website. Tulisan belajar SEO gratis ini menjelaskan beberapa alasan mengapa SEO penting untuk website, silahkan simak ya.

1. Memudahkan Pencarian Website Anda

Ini adalah fungsi utama dari adanya SEO, penerapan SEO dalam sebuah website tujuannya untuk memudahkan pencarian terhadap website tersebut. Jadi SEO sangat penting agar website Anda bisa mudah ditemukan dalam mesin pencarian google. Dalam hal ini, Anda bisa membandingkan dan membuktikkannya secara langsung. Jika Anda memiliki 2 buah website baru, cobalah terapkan SEO pada satu website, namun tidak untuk yang satunya. Akan ada perbedaan yang jelas ketika Anda mencoba melakukan pencarian website Anda melalui internet.

SEO sangat penting untuk diterapkan di dalam website Anda, karena di internet pasti ada banyak website yang memiliki karakter yang sama dengan website Anda. Dengan menerapkan SEO, maka website Anda bisa bersaing dengan website yang lain.

2. Meningkatkan Trafik Pengunjung

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, jika website Anda mudah ditemukan di dalam mesin pencarian google, maka trafik pengunjung website Anda akan meningkat. Sedangkan salah satu cara untuk menilai keberhasilan sebuah website adalah memiliki trafik pengunjung yang baik. Karena jika hal ini sudah terjadi, maka ada banyak peluang yang bisa Anda dapatkan. Hampir semua jenis internet marketing yang menggunakan website sangat mengandalkan trafik pengunjung. Selain memudahkan orang menemukan website Anda, SEO juga bisa meningkatkan trafik pengunjung website Anda. Itulah alasan mengapa SEO sangat penting untuk website.

3. Menjadikan Website Lebih Profesional

SEO mencangkup banyak hal, tujuan adanya SEO adalah untuk meningkatkan performa websiite. Jadi jika Anda bisa menerapkan berbagai jenis SEO di dalam website Anda, maka Anda akan memiliki sebuah website dengan kualitas yang baik dan terlihat lebih profesional.

Jika hal ini sudah terjadi maka tentunya bisa memanfaatkan website tersebut untuk berbagai hal, misalnya Anda ingin menjadi publisher adsense, jika website Anda terlihat profesional maka google tidak akan segan-segan menerima Anda menjadi bagian dari mereka. Selain itu penerapan SEO yang abik juga jelas meningkatkan performa website Anda, jadi Anda memberikan pelayanan yang terbaik untuk pengunjung website Anda. Dari beberapa hal ini, tentu menjadi alasan mengapa SEO sangat penting untuk website.

4. SEO Menjadi Penentu Keberhasilan Website Anda

Dari keseluruhan poin di atas, dapat disimpulkan bahwa SEO menjadi penentu keberhasilan website yang Anda kembangkan. Dengan menerapkan SEO yang baik maka perkembangan website Anda akan semakin baik, apapun tujuan Anda membuat website, SEO tetap dibutuhkan. Selain menjadi publisher adsense, program affiliasi atau menjadikan website sebagai online shop, semua membutuhkan peran SEO untuk keberhasilan website Anda.

Karena pada dasarnya pola dari internet marketing adalah mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin, menjadikan website berada di peringkat atas dan hal-hal yang berkaitan. Semua itu bisa Anda dapatkan hanya jika Anda menerapkan SEO yang baik pada website Anda. Pada intinya SEO adalah kunci dalam perkembangan website, sangat jarang ditemukan sebuah website yang mampu bertahan tanpa menerapkan SEO. Jadi jika Anda sedang membangun dan mengembangkan website, pahami dan terapkan SEO di dalamnya. Demikian ulasan mengenai belajar SEO ini dibuat.

Kalau tulisan ini dirasa bermanfaat, boleh bantu tekan tombol icon sosmed share ya di bawah ini. Salam SEO yes!