SEO

 

Belajar SEO
Belajar SEO

Siapakah Pakar SEO Indonesia? Penting Dibahas? Untuk Memudahkan Anda Mengetahuinya, Silahkan Hubungi Saya di : WA 085261199133.

Apa itu SEO? Itu pertanyaan yang lebih penting daripada membahas tentang siapa pakar SEO di Indonesia. Namun, untuk mengetahui siapa saja praktisi yang bermain di sana, boleh lah dicoba kata kunci : Pakar SEO. Cocok ya?

Mungkin bagi seorang blogger atau pemilik dari sebuah website, memiliki blog atau website yang menduduki ranking 10 besar pada mesin pencarian tentunya menjadi kebanggaan tersendiri. Selain itu dengan menduduki peringkat 10 besar di mesin pencariana maka akan banyak pengujung yang datang pada website anda sehingga anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah keuntungan dari google Adsense. Nah, salah satu cara agar website atau blog anda menduduki peringkat atas dalam mesin pencarian adalah menggunakan teknik SEO. SEO sendiri adalah Search Engine Optimization atau merupakan metode pengoptimalan blog atau website sehingga mampu menduduki peringat atas mesin pencarian. Misalnya di google, yahoo search dan lainnya. Sebagai seorang blogger atau pemilik website sangat penting mengerti tentang SEO dan bagaimana mengoptimalkan SEO untuk website anda.

Pentingnya SEO dalam Website atau Blog

Bagi yang bertanya-tanya apa itu SEO? Perlu diketahui bahwa tujuan dari pengotimalan SEO adalah agar website atau bloger menduduki peringat atas dari pencarian di google atau lainnya. Cara optimasi SEO dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu optimasi SEO on page dan optimasi SEO offpage. Dengan menduduki peringkat awal di mesin pencarian makaada banyak keuntungan yang didapatkan oleh pemilikwebsite atau blog. Misalnya saja mendapatkan banyak pengujung, karena sebagian besar pengujung biasanya akan meng-klik artikel yang berada di posisi awal halaman. Sehingga artikel anda akan lebih banyak dibaca orang.

Kelebihan Menggunakan Teknik SEO

Ada banyak kelebihan jika anda menggunakan teknik optimasi SEO. Pertama anda akan mendapatkan visitor atau pengunjung pada blog atau website anda semakin bertambah. Kedua, hal tersebut akan meningkatkan citra dari usaha atau perusahaan yang anda kelola dalam website. Ketiga, jika anda menjual suatu produk maka penjualan produk tersebut akan meningkat. Dan keempat atau yang terakhir adalah anda akan mendapatkan biaya promosi yang murah dan dapat bekerjasama dengan googleadsesnse. Dengan begitu maka pundi-pundi uang anda akan semakin bertambah.

Cara Optimasi SEO Website

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk memaksimalkan SEO dalam website anda, misalnya.

1. Riset Kata Kunci

Sebelum membuat suatu artikel, alangkah baiknya jika anda mencari kata kuncinya terlebih dahulu. Untuk seorang blogger pemula anda bisa menggunakan kata kunci yang ringan terlebih dahulu. Setelah berjalan beberapa waktu dan anda semakin menguasai pembuatan artikel anda bisa menggunakan kata kunci yang agar lebih berat. Tujuan dari penggunaan kata kunci ini agar mempermudah mesin pencarian untuk mengetahui fokus dari pembahasan blog atau website yang anda buat tersebut.

2. Membuat Postingan yang Relavan

Cara kedua untuk memaksimalkan SEO dalam website adalah membuat postingan yang relavan. Postingan disini bisa jadi artikel, gambar, video dan lainnya. Buatlah postingan yang berkualitas dan tidak menjiplak dari sumber manapun. Jangan lupa postingan anda harus memiliki manfaat bagi para pembacanya. Anda jangan pernah membuat postingan yang keluar dari topik utama atau berbeda dengan judul postingan. Hal ini akan membuat para pembaca kecewa dan enggan untuk mengujungi website atau blog anda lagi. Anda juga bisa membuat link antar halaman agar halaman tersebut saling mempromosikan halaman lainnya. Ingat blog yang berkualitas dapat dilihat dari jumlah pembacanya. Yang terakhir jangan lupa untuk rajin mengupdate postingan dari website anda serta lakukan teknik Backlink.

Jika anda salah satu pelaku bisnis dengan sistem modern tentu tidak asing lagi dengan istilah backlink. Backlink sangat berkaitan erat dengan mesin pencarian pada yahoo ataupun google. Akan tetapi, tidak semua pelaku bisnis dan masyarakat mengenal apa arti fungsi dan jenis backlink. Apakah anda penasaran? Berikut ini akan disajikan beberapa ulasan mengenai arti fungsi dan jenis backlink.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Backlink

Ada banyak hal yang perlu diketahui dari sebuah baclink. Mulai dari arti fungsi dan jenis backlinkyang ada. Berikut ini beberapa ulasan penting mengenai berbagai hal yang bersangkutan dengan backlink.

Pengertian Backlink

Istilah backlink mungkin masih terdengar awam di telinga para masyarakat luas. Di dalam istilah bahasa Indonesia, backlink diartikan sebagai tautan yang ada pada situs web lain yang akan mengarah kepada situs milik anda. Backlink secara tidak langsung akan memberikan peluang bagi situs anda agar berada pada posisi tertentu dalam sebuah mesin pencarian.

Backlink sebenarnya merupakan sebuah tautan link yang akan mampu meningkatkan posisi SERP pada google. Istilah backlink ini juga diartikan sebagai salah satu link yang secara otomatis mengarahkan dari situs website tertentu kepada situs website yang bersangkutan. Semakin tinggi jumlah backlink dari sebuah situs website, maka akan semakin tinggi pula popularitas dari situs website yang bersangkutan.

Apakah Fungsi Sebuah Backlink?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ketika seseorang ingin memperoleh tarffik yang tinggi, maka mereka diharuskan membangun link tersebut. Setelah mengetahui ulasan mengenai definisi dan pengertian backlink, kini saatnya anda mengetahui sebenarnya untuk apakah backlink diperlukan?

Bagaimanakah fungsi baclink itu sendiri? Backlink pada dasarnya memiliki beberapa fungsi seperti berikut ini.

Meningkatkan Trafik Pada Situs Tertentu

Backlink berfungsi sebagai salah satu poin untuk menaikkan traffik web anda pada situs tertentu, sehingga para pencari akan tertarik untuk membuka situs anda.

Meningkatkan Situs Pada SERP

Sebenarnya backlink tidak hanya berfungsi sebagai sarana pemasaran saja, namun juga berfungsi untuk menaikkan ranking situs anda pada SERP (Search Engine Result Page).

Menaikkan Ranking Situs Tertentu

Backlink berfungsi sebagai salah satu indikator yang sangat berperan dalam naiknya peringkat sebuah situs website tertentu.

Apa Sajakah Jenis – Jenis Backlink?

Ada tiga jenis backlink yang perlu diketahui. Ketiga jenis backlink yang dimaksud, yaitu:

1. Jenis One Way Backlink

Jenis backlnk yang pertama adalah one way, artinya sebuah backlink yang memiliki sistem satu arah saja. backlink ini hanya memiliki tautan link yang memiliki satu arah saja tanpa adanya timbal balik yang diberikan. Logika sederhananya, situs X menanamkan link ke situs Y, namun situs Y tidak memberika timbal balik kepada situs X atau sebaliknya.

2. Jenis Two Way Backlink

Jenis backlink yang kedua yaitu Two Way Backlink, backlink yang satu ini memungkinkan adanya timbal balik dua arah antar website yang bersangkutan. Logikanya, website X dan Y sama- sama saling memberikan tautan secara dua arah.

3. Jenis Multy Way Backlink

Jenis backlink yang ketiga merupakan jenis backlink yang memungkinkan tautan dari dan oleh berbagai arah. Di dalam jenis backlink yang ketiga ini berbagai website atau situs dan blog saling terhubung satu dengan yang lainnya untuk menuju kepada sebuah situs utama.

Ternyata backlink memberikan fungsi dan arti yang cukup penting daalam sebuah ranking atau posisi sebuah situs website. Itulah beberapa ulasan mengenai arti fungsi dan jenis backlinkyang perlu diketahui, semoga bermanfaat.

Cara Mencari Backlink Menggunakan Footprint

Footprint merupakan teknik atau cara mencari backlink dengan memanfaatkan text atau symbol yang ada pada website seperti username, capchatext, textcomment, dan yang lainnya. Footprint bertujuan untuk mencari kotak komentar yang berisi link, email, dan username. Berikut caranya.

1. InstallAdd One SeoQuake Dan Add Ons Moz Bar

Sebelumnya anda harus menginstal addoneseoquake dan add ons moz bar terlebih dahulu. Addoneseoquake berfungsi untuk mengetahui dan memilih backlink yang mempunyai pegerank tinggi. Sedangkan add ons moz bar berfungsi untuk mengetahui jenis linkdofollow atau nofollow.

2. Gunakan DorkGoogle

Anda bisa menggunakan Dorkgoogle untuk mencari situs-situs yang akan ditanami backlink. Diantaranya adalah site:.bravelog.com inurl:entry “Non-member”, site:.bravelog.com”Please typeinthefourcharactersshownintheblackbox.”, dan site:.bravelog.com ”Post New Comment”.

3. Pilihlah salah satu Dorkgoogle di atas, kemudian copy dan paste pada searchengine.

4. Pilihlah satu situs yang mempunyai “PA” minimal 29 keatas dan berkualitas.

5. Kemudian masuk ke situs tersebut dan cari kolom komentar.

Isikan nama anda pada kolom “YourName”. Nama blog, website atau e-mail pada kolom “URL atau E-MAIL”. Isikan komentar anda pada bagian “Comment”, usahakan komentar yang anda berikan merupakan komentar yang sopan dan relevan. Tambahkan anchortext artikel blog atau website kalian yang ingin ditanamkan.

6. Verifikasi “Captcha” dan klik “SubmitComments”

7. Lihat hasilnya

Apabila berhasil, maka komentar anda akan muncul beserta dengan anchortext yang telah anda tanamkan.

8. Memberikan “Ping”

Yang terakhir adalah memberikan “Ping” pada website yang kalian tanamkan backlink.

Kriteria Backlink Yang Berkualitas

1. Relevan

Link yang relevan akan terlihat natural bagi searchengine.

2. ContextualLinks

Alasan backlinkcontextuallink adalah link yang berada dalam artikel biasanya relevan dengan isi artikel, sehingga dapat dipastikan berkualitas tinggi.

3. High PR (DA PA)

Semakin tinggi pageranksuatuwebsite, maka semakin tinggi pula authoritynya. Oleh karena itu, backlink yang berasal dari domain pagerank tinggi, juga mempunyai kualitas yang lebih tinggi dari pada backlink dari situs dengan PR rendah.

4. Aged Domain

Website dengan umur domain yang lama, biasanya mempunyai authority yang tinggi. Kecuali website yang domainnya berasal dari domain drop, redirect, atau fake. Website tersebut dapat memiliki authority yang tinggi meskipun dalam hitungan bulan.

5. Trafik tinggi

Link yang berada di websitetrafik tinggi mempunyai kualitas yang lebih bagus dari pada link yang berada pada website dengan trafik rendah. Karena link yang berada pada website dengan trafik lebih tinggi, lebih berpeluang mendapatkan kunjungan dari visitorwebsite tersebut.

6. Unik

Jika backlink didapat dari IP yang berbeda-beda, kemungkinan besar backlink bukanlah manipulasi.

Itulah pembahasan mengenai cara mencari backlink berkualitas dengan menggunakan footprint yang bisa anda terapkan. Sangat praktis dan memudahkan anda dalam mendapatkan backlink guna meningkatkan pagerank anda. Semoga bermanfaat.

Kalau tulisan ini dirasa bermanfaat, boleh bantu tekan tombol icon sosmed share ya di bawah ini. Salam untuk Pakar SEO Indonesia yes!