bagaimana Islam menghadapi tantangan modernisasi

Tantangan Modernisasi

Bagaimana Islam menghadapi tantangan modernisasi? Islam merupakan agama yang dianggap sebagai ‘Rahmatan Lil Alamin’, artinya rahmat untuk seluruh alam. Penduduk Indonesia mayoritas menganut agama Islam yang jumlahnya lebih dari 80%. Perkembangan Islam di Indonesia sendiri mengalami perjalanan yang cukup panjang.

Islam yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW tentu saja mengalami perubahan dari zaman ke zaman, apalagi di zaman yang sudah modern seperti sekarang. Adanya tantangan modernisasi ini mengharuskan umat muslim untuk berpegang teguh pada ajaran Al-Qur’an dan hadist.

Nah, bagaimana Islam menghadapi tantangan modernisasi? Simak penjelasannya berikut ini :

Memperkokoh Pondasi Agama dalam Lingkup Keluarga

Ketika zaman modern mulai masuk dalam kehidupan, nilai-nilai agama akan mudah terkikis. Umat Islam harus lebih selektif dalam menghadapi modernisasi yang terjadi.

Cara pertama yang harus dilakukan adalah membangun pondasi agama sekuat mungkin untuk setiap umat melalui pendidikan di dalam keluarga. Jika sudah memiliki pondasi yang kuat, adanya modernisasi tidak akan menggoyahkan kepercayaan dalam diri masing-masing.

Meningkatkan Kegiatan Keagamaan di Lingkungan Sekitar

Ketika dunia ditantang dengan adanya modernisasi, Islam tetap bisa mempertahankan eksistensinya dan menjaga kaidah-kaidah yang sudah ada, dengan cara meningkatkan kegiatan keagamaan. Setelah membekali ajaran Islam di dalam keluarga, selanjutnya beralih ke lingkungan masyarakat.

Masyarakat Indonesia sangat menyukai gotong royong dan berkumpul dengan sanak saudara dan tetangga. Setiap peringatan hari-hari besar Islam, secara tidak langsung telah meningkatkan ketaqwaan kita kepada Tuhan sekaligus sebagai ajang silaturrahmi.

Tetap Berjihad di Jalan Kebenaran

Islam selalu mengajarkan umatnya untuk berjihad atau berjuang atas nama agama. Hal ini perlu dilakukan, tetapi harus tetap dijalan kebenaran tanpa melukai dan merugikan orang lain. Misalnya saja Anda niat bekerja untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Memanfaatkan Kecanggihan Teknologi dalam Batas Wajar dan Sesuai Anjuran Islam

Zaman Rasulullah di masa lampau memang masih terbatas, khususnya untuk bidang teknologi. Adanya smartphone hingga internet memunculkan banyak perubahan yang juga berpengaruh pada ajaran Islam.

Nah, agar setiap muslim tidak mudah terseret, kecanggihan teknologi yang ada saat ini harus dimanfaatkan secara layak dan wajar. Misalnya saja jika memiliki media sosial, maka digunakan untuk berdakwah, menjalin silaturrahmi, hingga digunakan untuk mengaji.

Meningkatkan Toleransi Antar Umat Beragama

Modernisasi yang terjadi akan membuat dunia semakin tampak berbeda, karena setiap umat muslim bisa melihat apa saja yang terjadi di seluruh belahan dunia.

Cara mencegah lunturnya agama Islam terhadap adanya modernisasi, salah satunya adalah meningkatkan rasa toleransi kepada siapapun.

Baca : Dampak modernisasi

Demikian kesimpulan bagaimana Islam menghadapi tantangan modernisasi. Cocok dijadikan referensi makalah bagaimana islam menghadapi tantangan modernisasi pdf formatnya kita buat nanti ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *