Cara Melestarikan Tari di Indonesia

Bagaimana caranya melestarikan dan mengembangkan tari yang ada di Indonesia? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan guna melestarikan dan mengembangkan tari yang ada di Indonesia.

Tentunya perlu kita ketahui bahwa ada beberapa cara untuk melestarikan tari di Indonesia.

Berikut ini cara melestarikannya :

  • Mengapresiasi setiap pertunjukan seni tari yang ada, baik dengan cara membayar tiket untuk menonton pertunjukan seni tari, menonton lewat televisi, merekamnya kemudian menyebarkannya, dsb, sehingga orang – orang yang mengandalkan hidupnya lewat seni tari dapat bertahan.
  • Membuka sanggar maupun tempat guna menampung komunitas penggemar tari atau orang yang ingin belajar tari.
  • Merombak dan mengemas seni tari semenarik mungkin.
  • Menanamkan rasa cinta generasi penerus bangsa pada kebudayaan – kebudayaan Indonesia.

 

Apabila ditanya setuju atau tidak setuju tentang berkembangnya seni tari yang berasal dari luar negeri di Indonesia, bisa dijawab kakak bisa menjawab setuju dan tidak setuju.

a. Setuju, kakak merasa setuju sebab kakak sendiri merupakan salah satu orang yang gemar dan cinta akan seni tari. Sifat haus kakak yang senantiasa ingin belajar, menjadikan tari tradisional Indonesia saja tidak cukup. Sehingga berkembangnya tari yang berasal dari luar negeri menjadi salah satu fasilitas guna menambah wawasan kakak.

b. Tidak setuju, kakak merasa tidak setuju apabila para generasi penerus bangsa ini menjadi lebih memperdulikan tari dari luar negeri, sehingga justru meninggalkan tari asli budaya bangsanya dan beralih ke tari milik negara lain.

Sehingga apabila tetap ditanya setuju atau tidak setuju, kakak lebih menitik beratkan pilihan kakak pada tidak setuju. Karena apabila tari luar negeri berkembang di Indonesia, hal ini akan menjadikan kebudayaan asli Indonesia menjadi semakin luntur dan ditinggalkan.

Demikianlah informasi di website wahyuhidayat.com ini mengenai bagaimana caranya melestarikan dan mengembangkan tari yang ada di Indonesia, semoga bermanfaat ya.

Leave a Comment