Tips Cara Mengubah Modem 3G Menjadi 4G

Saat ini, kecepatan koneksi internet sangat berperan penting. Semakin cepat koneksinya, tentu akan semakin mempermudah aktivitas kita. Sehingga banyak yang telah beralih ke jaringan 4G yang lebih cepat daripada jaringan 3G. Untuk menikmati jaringan 4G, Anda memerlukan perangkat yang sudah mendukung jaringan 4G. Akan tetapi bagaimana dengan modem 3G? Sebelum membahas mengenai cara mengubah modem 3G menjadi 4G, sebaiknya simak penjelasan mengenai perbedaan dari kedua koneksi tersebut.

Perbedaan Koneksi 3G dan 4G

Baik jaringan 3G maupun 4G, keduanya sama-sama dapat menghubungkan perangkat Anda dengan internet. Jaringan 4G muncul sebagai perkembangan dari jaringan 3G. Tentunya jaringan 4G memiliki banyak kelebihan dibandingkan 3G.

Seperti yang kita tahu, perangkat saat ini terutama smartphone lebih banyak memuat aplikasi yang mengharuskan terhubung dengan internet, seperti aplikasi chatting, video, games dan masih banyak lagi. Akibat dari adanya aplikasi-aplikasi itu, tak mengherankan bila kini para pengguna smartphone mulai jarang menggunakan sms atau telepon yang membutuhkan pulsa.

Ponsel dulu masih menggunakan teknologi jaringan 3G. Dimana pada penerapan secara teknisnya, jaringan ini memang dapat digunakan untuk terhubung dengan internet tapi masih mengutamakan layanan melalui sms dan telepon tanpa lewat internet.

Koneksi data internet yang terdapat pada GSM dikembangkan oleh teknologi 3G yang kemudian menjadi HSDPA dan HSDPA+. Sementara teknologi CDMA dikembangkan menjadi teknologi EVDO Rev A dan EVDO Rev B.

Namun untuk 4G, jaringan ini lebih menekankan penggunaan internet yang lebih cepat dari 3G. Yang tentunya memperkecil porsi untuk layanan telepon dan sms. Walaupun begitu hal ini tidak lantas mengganggu kedua layanan tersebut saat Anda ingin menggunakannya.

Teknologi 4G LTE tidak berasal dari GSM maupun CDMA, melainkan sifatnya universal. Mengingat saat ini GSM dan CDMA telah menggunakan teknologi LTE, sehingga teknologi LTE bisa dipasang di module keduanya.
Kelebihan Koneksi Jaringan 4G

Dari penjelasan di atas, Anda sudah mengetahui apa saja yang membedakan antara koneksi 3G dengan koneksi 4G. Selain dapat dipasang di module GSM maupun CDMA, jaringan 4G LTE juga memiliki beberapa kelebihan lainnya sebagai berikut.

  • Jaringan 4G memiliki latency yang lebih rendah
  • Jaringan 4G LTE memiliki intervensi yang lebih rendah
  • Penggunaan frekuensi pada jaringan ini lebih efisien
  • Kemampuan transmisi data lebih cepat dari jaringan 3G
  • Dalam 1 cell BTS 5 MHz 4G LTE bisa menampung sampai 200 pengguna, berbeda dengan 3G yang hanya dapat menampung 96 pengguna
  • Koneksi 4G menggunakan jaringan Wi-Fi, LTE dan WiMax
  • Kecepatan akses internetnya sampai 100Mbps

Cara Mengubah Modem 3G Menjadi 4G

Sebuah modem bisa saja terhubung dengan jaringan LTE apabila sudah dilengkapi dengan module LTE. Modul itulah yang akan membuat modem Anda dapat berkomunikasi dengan teknologi LTE. Modul LTE akan bekerja dengan frekuensi yang berbeda-beda. Supaya bisa nyambung dengan operator, maka frekuensi modul dan operator harus sama.

Modul itu sendiri bisa dikatakan sebagai hardware. Tentu saja mustahil mengubah modul modem 3G menjadi 4G. Sebab diperlukan penggantian hardware yang tidak murah. Lain halnya apabila Anda ingin mengganti operator pada modem, misalnya modem Telkomsel terbaru yang dikenal dengan ISP GSM, dikoneksikan dengan smartfren 4G. Hal ini bisa dilakukan karena keduanya memiliki frekuensi yang sama dimana modem telkomsel tersebut sudah memiliki modul LTE.

Sehingga cara yang terbaik adalah dengan beli modem 4G terbaru. Tak masalah Anda ingin mengubah operatornya, asalkan memiliki frekuensi yang sama dengan modem tersebut.

Demikian penjelasan mengenai cara mengubah modem 3g menjadi 4g. Dari informasi ini bisa Anda pahami bahwa Anda tidak bisa mengubah modem yang memang memiliki dukungan jaringan 3g menjadi 4g. Jalan satu-satunya adalah memang membeli modem yang sudah memiliki dukungan jaringan 4g. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Leave a Comment