Travel

Pengalaman melakukan perjalanan jauh maupun dekat membawa nuansa yang patut untuk didokumentasikan. Baik dalam bentuk gambar, video, maupun tulisan mempunyai sisi kelebihan masing-masing. Terutama dalam bentuk tulisan, kekuatan pola pikir pembaca diuji. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk penulisan artikel perjalanan yaitu pemilihan kata untuk judul yang unik dan membuat pembaca penasaran untuk membaca. Menggunakan alur bahasa yang urut dalam paragraf. Berikut beberapa tips menulis traveling yang mudah untuk dipraktekkan di bawah ini.

Tips Menulis Traveling Yang Menarik

1. Menentukan Judul Yang Asyik

Dalam menetapkan judul pilihlah kata yang mudah diketahui oleh orang. Langkah yang bisa diambil untuk membuatnya bisa setelah menulis artikel secara keseluruhan maupun diawal pembuatan artikel. Opsi judul semakin kreatif dan banyak akan memudahkan Anda dalam proses menyesuaikan dengan artikel yang dibuat.

2. Membuat Kerangka Tulisan

Sebelum melakukan proses penulisan alangkah baiknya untuk membuat kerangka tulisan. Menulis poin-poin penting yang akan dibahas dalam artikel. Tetap menggunakan kata kunci yang mudah untuk dijabarkan menjadi beberapa kalimat dalam paragraf.

3. Memilih Diksi Kata Yang Mudah Dipahami

Ditengah-tengah proses penulisan memilih dan menentukan diksi merupakan hal yang pasti Anda alami. Mengolah kosa kata menjadi diksi kalimat yang selaras dan enak dibaca. Langkah-langkah yang perlu dilakukan yaitu dengan memperbanyak membaca baik sastra maupun non-sastra. Pemilihan kata yang cocok dalam penulisan menyesuaikan dengan konteks kalimat. Biasanya kata yang sesuai dengan tulisan artikel mengandung arti yang bervariasi.

4. Menggunakan Bahasa Komunikatif

Bahasa yang digunakan dalam pembuatan artikel perjalanan yaitu bahasa yang komunikatif dan ringan untuk dibaca. Ini merupakan bagian dari tips menulis traveling yang mudah namun butuh pemahaman yang mendalam. Gaya bahasa yang digunakan sederhana namun tetap mempunyai nilai makna yang dalam. Tujuannya adalah membuat pembaca merasa nyaman dengan alur bahasa yang Anda ciptakan dalam tulisan perjalanan ini.

5. Menyelipkan Informasi Seputar Keunikan Wisata

Kualitas isi dalam sebuah artikel dapat dilihat dari sisi menarik sekaligus unik dari sebuah tempat wisata. Mencari tahu sisi lain dari tempat wisata tersebut dengan menjelajah lebih dalam mengenai hal unik dan sejarah tempat wisata tersebut. Merekam dalam ikatan maupun dalam gambar jejak pengalaman ketika menikmati wisata tersebut. Kemudian dikemas menjadi cerita indah perjalanan yang tak terlupakan.

6. Memasukkan Argumen Orang Lain Dalam Tulisan

Selain mengungkap semua opini dari penulis tentang wisata tersebut lebih bagusnya juga mencantumkan pendapat orang-orang yang pernah berkunjung kesana. Hal ini semacam mini riset dengan tahap wawancara sederhana. Gali potensi narasumber dengan menanyakan hal-hal yang tidak biasa tentunya. Disinilah kualitas tulisan tentang perjalanan Anda akan dinilai oleh pembaca. Apalagi ketika pembaca dapat mengambil sisi positif dari artikel Anda dan menjadikan itu sebagai pelajaran hidup untuknya.

7. Memasukkan Pesan Dan Kesan Tentang Wisata

Diakhir tulisan jangan lupa untuk menuliskan pesan dan kesan Anda ketika mengunjungi tempat wisata tersebut. Nilai tambahnya jika Anda menyampaikan kritik sekaligus dengan saran yang membangun tentunya. Semakin lengkap dan berisi tulisan perjalanan Anda akan membuat pembaca tidak cepat jenuh ketika membaca dari awal sampai akhir tulisan.

Itulah beberapa tips menulis traveling yang bisa dibaca dan dicoba untuk mengunjungi tempat wisatanya oleh pembaca. Memikirkan beberapa tempat wisata yang unik dan pernah dikunjungi sebelumnya. Setelah semua terkumpul, Anda bisa menuliskan satu per satu dengan gaya tulisan yang berbeda. Semangat menulis artikel perjalanan dengan hasil yang mengesankan.

Banyak orang yang suka travelling. Namun, suka travelling dan berbagi cerita tentang traveling merupakan suatu hal yang luar biasa. Dan itulah Travel Blogger.

Travel blogger adalah sebutan bagi seseorang atau sekumpulan orang yang ngeblog dengan tema traveling. Untuk menjadi travel blogger, Anda harus menceritakan setiap detail tempat, daerah, bahkan negara-negara yang pernah Anda kunjungi, dengan cerita yang menarik, dan bahasa yang asik.

Biasanya Travel blogger tidak hanya menceritakan seberapa banyak tempat yang telah dikunjungi, namun juga membagikan tips seperti bagaimana cara travelling dengan menekan budget sehemat mungkin, memanfaatkan waktu sempit buat travelling, hingga memilih tempat-tempat menarik buat traveling, yang tentunya membantu para pembaca yang ingin melakukan hal yang sama.

Salam, Travel Blogger Indonesia

Baca Juga : (Wisata Mewah Daerah Elit Pulau Bintan, Gratis!)

Kalau tulisan ini dirasa bermanfaat dan tidak membosankan, boleh bantu tekan tombol icon sosmed share ya di bawah ini. Dan, kasih komentar yang mantab juga pada kolom di bawah. Keep writing yes!