Mengapa Umat Islam Diwajibkan Untuk Berdakwah

Umat Islam Diwajibkan Untuk Berdakwah

Mengapa umat Islam diwajibkan untuk berdakwah? Islam dijadikan sebagai agama penyempurna dari agama sebelumnya yang dibawa oleh para nabi. Datangnya Islam ditandai dengan diturunkannya Al-Qur’an, sebagai kitab suci penyempurna dan Nabi Muhammad adalah rasul terakhir.

Setiap orang yang memeluk agama Islam wajib melakukan dakwah, karena Islam merupakan agama yang menentramkan dan membawa kebenaran. Dakwah tidak hanya dilakukan ketika pengajian saja, tetapi juga diimplementasikan pada tindakan dan ucapan sehari-hari.

Berikut ini beberapa alasan mengapa umat Islam diwajibkan untuk berdakwah :

Dakwah Merupakan Kegiatan yang Membawa Kebahagiaan

Dakwah yang dilakukan umat muslim adalah aktivitas yang akan mendatangkan sebuah kebahagiaan, ketentraman, dan ketenangan dalam menjalani kehidupan. Orang yang sering berdakwah akan tetap merasa bahagia, meskipun ditimpa berbagai macam masalah.

Dakwah Bagian dari Aktivitas untuk Orang Muflih atau Beruntung

Menyebarkan kebaikan Islam kepada banyak orang menjadi bagian dari ciri-ciri orang yang beruntung dan bersyukur. Dakwah digunakan sebagai media untuk menjadi umat Islam yang lebih baik, karena memberikan nasehat dengan tujuan saling mengingatkan.

Dakwah Menjadi Sikapnya Orang-Orang Beriman

Salah satu ciri-ciri orang yang beriman adalah mengamalkan semua ajaran yang ada di Al-Qur’an dan hadist, termasuk melakukan dakwah. Dakwah yang dilakukan bisa melalui berbagai cara asalkan diterima oleh masyarakat dengan baik.

Dakwah yang Ditinggalkan Bisa Mendatangkan Petaka

Menjalankan kewajiban dari Allah SWT akan menjauhkan diri dari petaka dan segala keburukan. Dakwah menjadi salah satu cara untuk mendapatkan keberuntungan dan penjagaan dari Allah SWT bagi setiap umat-Nya.

Dakwah Merupakan Kegiatan yang Selalu Dilakukan Rasulullah

Rasulullah merupakan sosok yang dielu-elukan oleh umat muslim dan berlomba-lomba untuk mencontoh semua amalnya selama di dunia. Salah satu tindakan yang diajarkan dan dilakukan rasul selama hidup adalah berdakwah dengan berbagai cara.

Dakwah Menjadi Penyelamat di Hari Akhir

Setiap manusia yang diciptakan pasti akan merasakan mati dan menuju hari perhitungan amal untuk menentukan jalan ke surga dan neraka. Jika seorang hamba senantiasa menjalankan dakwah semasa hidupnya, ada kemungkinan besar dakwah tersebut menjadi penolong di hari kiamat nanti.

Cara untuk Mendapatkan Pertolongan

Menyiarkan agama Islam melalui jalan dakwah merupakan sebuah kewajiban. Sebab, kegiatan ini mampu menolong setiap umat dalam keadaan apapun. Anda bisa meminta pertolongan apa saja dan pasti dikabulkan di waktu yang tepat.

Demikian informasi mengenai pertanyaan mengapa Umat Islam diwajibkan untuk berdakwah. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *