Tips Cek Domain Murah

Mengenal Apa Itu Aged Domain dan Manfaatnya untuk Website

Aged domain adalah alamat domain yang sudah lama bertahan di dunia Internet. Biasanya lebih dari satu tahun. Karena itu domain lama bisa menjadi salah satu faktor penting untuk berada di posisi terdepan di mesin pencari Google.

Banyak orang menganggap bahwa domain adalah sekedar nama situs web atau eksistensi. Karena itu mereka lebih memilih membeli domain baru. Tanpa menyadari bahwa dengan memiliki domain age yang sudah berumur akan bisa membantu memberikan kesuksesan lebih cepat.

Apa Itu Aged Domain?

Seperti yang disebutkan di atas, aged domain adalah sebuah alamat domain yang sudah berumur. Umumnya telah digunakan untuk situs web lain, tapi sudah dihentikan. Ada beberapa alasan mengapa domain tertentu berhenti, yaitu:

  • Pemilik aslinya tidak lagi menjalankan bisnisnya atau bangkrut.
  • Memiliki masalah dengan metode pembayarannya.
  • Kehilangan minat pada domain tersebut.
  • Lupa memperbaharui nama domainnya.

Sebelum melakukan pembelian sebuah domain, carilah informasi tepat mengenai alasan domain tersebut terhenti. Paling tidak untuk menghindari agar tidak terjadi kejadian serupa nantinya.

Apa Saja Keuntungan Aged Domain?

Memiliki domain lama yang berumur sebenarnya memberikan banyak keuntungan. Karena bisa menjadi peran penting untuk mendukung kesuksesan sebuah situs web dengan lebih cepat. Berikut adalah keuntungan memiliki domain lama bagi sebuah situs web:

1. Menjadi Aset Digital

Berlawanan expired domain yang perhitungan umurnya kembali ke nol untuk sebuah situs baru, aged domain tetap diperhitungkan umurnya sesuai waktu aktifnya. Biasanya ia sudah memiliki backlink berkualitas yang mengarah ke domain tersebut.

Dengan begitu, otoritas mesin pencari akan menghasilkan kunjungan yang lebih banyak ke situs web tersebut. Ini membuat domain lama menjadi aset digital yang sangat berharga. Dimana harga sebuah domain lama yang bermutu bisa mencapai belasan juta rupiah.

2. Mesin Pencari Lebih Mengutamakan Aged Domain

Sebuah domain akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk memiliki reputasi yang kuat. Selain juga memberikan konten yang baik. Ranking sebuah situs web didasarkan pada beberapa ukuran atau faktor. Salah satunya adalah memiliki reputasi yang baik.

Dengan domain age yang berumur, mesin pencari bisa mendapatkan kredibilitas dari situs tersebut. Sehingga posisinya akan berada di tempat teratas untuk memenangkan persaingan dengan domain baru.

3. Memiliki Ranking yang Tinggi

Ini disebabkan oleh domain lama sudah terdaftar ke banyak direktori. Direktori bertindak seperti buku alamat di dunia digital. Data tersebut disusun ke dalam banyak kategori. Direktori seperti ini yang kerap dimanfaatkan untuk mendapatkan backlink.

Karena itu mesin pencari akan mengutamakan domain yang sudah dikenal untuk ditampilkan. Sehingga tampil di depan dan mudah ditemukan orang.

4. Memiliki Banyak Backlink

Mesin pencari akan menganggap backlink sebagai salah satu cara verifikasi otoritas sebuah situs web. Sehingga akan diutamakan untuk ditampilkan pada halaman muka saat dilakukan pencarian.

5. Memberikan Traffic Situs Web yang Baik

Traffic adalah jumlah orang yang mencari situs web tersebut. Keuntungan lain memiliki aged domain adalah peningkatan traffic yang lebih cepat daripada domain baru. Ini disebabkan oleh sumber traffic penting yang sudah dimilikinya.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli domain adalah apakah nama domain terkait dengan bisnis yang dirintis dan apakah backlink-nya terkait dengan spam.

6. Mendorong Branding Bisnis Kecil

Biasanya domain lama memiliki nama unik yang sudah dikenal oleh mesin pencari. Dengan membeli domain yang sesuai dengan bisnis yang dirintis, mesin pencari akan mengedepankan situs web tersebut agar mudah ditemukan saat dicari.

Dengan begitu meskipun bisnisnya terbilang baru, nama domain bisa mendorong proses branding lebih cepat. Sehingga mendukung pengembangan bisnis baru dalam pemasarannya.

Kekurangan Aged Domain

Meski banyak keuntungan yang sudah disebutkan di atas, domain lama juga memiliki kekurangan. Seperti yang disebutkan berikut ini:

1. Harganya Tinggi

Terkait dengan kelebihannya bisa menjadi aset digital, harga yang tinggi ini juga mempengaruhi daya beli domain dari bisnis baru. Apalagi jika domain tersebut populer atau langka atau memiliki otoritas tinggi.

Pembelian bisa dilakukan dengan sistem pelelangan. Artinya pembelian harus bersaing ketat dengan orang lain. Namun pembelian juga bisa melalui e-commerce. Meskipun masalah harga akan tetap tinggi.

2. Nama Domain Terkadang Tidak Sesuai

Setiap bisnis tentunya ingin memiliki domain dengan nama yang mirip. Namun terkadang sulit menemukan domain lama yang memiliki nama yang sesuai. Namun jika namanya memang unik, mudah diingat dan baik reputasinya, barangkali hal ini bisa dipertimbangkan.

Aged Domain memberikan Banyak Keunggulan Bagi Website

Seperti yang sudah dibahas di atas, aged domain memang memberikan banyak keunggulan bagi sebuah website. Terutama adalah bisa memberikan umpan balik yang baik bagi website tersebut.

Apalagi jika sudah memiliki banyak backlink, ranking yang tinggi, nama domain yang terkenal. Pastilah mesin pencari akan mengutamakannya untuk ditampilkan di halaman muka. Semua ini bisa mendorong pesatnya perkembangan sebuah bisnis.

Memang beberapa aged domain memiliki nama yang sulit atau berbeda dengan bisnis yang dimiliki. Jika memang demikian, barangkali akan lebih baik membeli domain baru. Karena kemungkinan besar akan lebih berhasil dengan membangun reputasi lebih dulu.

Untuk mendapatkan domain dan hosting bisa dilakukan di Niagahoster. Menyediakan paket web hosting murah niagahoster dengan harga terjangkau. Domain Niagahoster juga bisa diandalkan, dengan dukungan tim teknis terbaik 24/7.

Artikel Terkait

Leave a Comment