Mengapa Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi

Gempa Bumi di Indonesia

Gempa bumi merupakan bencana alam yang sulit diprediksi. Dari banyaknya negara yang sering mengalami bencana ini, Indonesia adalah salah satunya. Indonesia mengalami gempa vulkanik dan juga tektonik.

Gempa Bumi

Gempa bumi adalah suatu guncangan yang disebabkan oleh adanya suatu pergerakan lapisan batu bumi

Mengapa di Indonesia sering terjadi gempa bumi? Berikut ini alasan gempa bumi kerap terjadi di Indonesia :

Alasan Mengapa Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi

Di Indonesia sering terjadi gempa bumi, berikut ini penjabarannya :

Posisi Berada di Atas Lempeng

Pulau-pulau di indonesia terbentuk karena dorongan lempeng ke atas. Indonesia dibentuk oleh pertemuan beberapa lempeng, yakni lempeng Eurasia dan lempeng Australia. Dalam setahun, lempeng masih bergerak beberapa kali. Pergerakan tersebut mengakibatkan gempa bumi.

Posisi geografis inilah yang menyebabkan Indonesia tak bisa terhindar dari gempa bumi. Setiap harinya pasti ada gempa, meski itu hanya skala kecil atau hiposentrum yang dalam. Tak heran, masyarakat Indonesia perlu beradaptasi dengan hal ini.

Sesar

Adanya sesar di dalam darataan perlu diwaspadai. Pasalnya, sesar aktif sewaktu-waktu bisa bergerak. Pergerakan sesar membuat daratan ikut berguncang. Lebih bahayanya lagi, gempa yang diakibatkan oleh sesar bisa mengakibatkan longsor.

Tak heran gempa bumi sering melanda Indonesia. Pulau Jawa dan Pulau sulawesi dikenal memiliki sesar aktif dalam jumlah yang banyak. Sesar tersebut memiliki bentuk yang panjang. Apabila sesar bergerak, maka gempa terjadi di sepanjang area sesar.

Banyak Pertambangan

Indonesia merupakan negara dengan pertambangan yang besar. Sebagian aktivitas pertambangan tidak dengan mengeruk lahan. Ada juga aktivitas penambangan yang membuat lubang di bagian bawah, sehingga membentuk sebuah gua.

Jika tanah tambang bagian atas tak masif, biasanya bagian goa akan tertutup. Proses penutupan gua tersebut mengakibatkan gempa. Meski skalanya tak sebesar tektonik dan vulkanik, namun gempa ini tetap membahayakan masyarakat di sekitar pertambangan.

Memiliki Banyak Gunung Api

Pulau yang terbentuk karena desakan lempeng memiliki banyak gunung api. Khususnya Pulau Jawa bagian Selatan dan Pulau Sumatera bagian Barat, banyak sekali gunung api aktif di sana. Gunung api menyebabkan gempa vulkanik sulit dihindari.

Gempa vulkanik terjadi jika gunung akan erupsi, baik erupsi kecil berupa muntah lahar atau meletuskan abu dan bebatuan. Skala gempa akan tergantung dari besarnya erupsi. Semakin besar letusan, maka gempanya juga akan besar dan membahayakan masyarakat di sekitar gunung.

Gempa Bumi di Indonesia

Beberapa alasan di atas semoga dapat menjawab pertanyaan Anda mengapa Indonesia sering terjadi gempa bumi yang merupakan bencana alam yang sulit diprediksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *