Mengapa Manusia Memerlukan Kitab Allah SWT

4 Macam Kitab Allah SWT

Kitab Allah SWT terdiri dari 4 macam, yakni Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Qur’an. Sebagai seorang muslim, Anda wajib mengimani keempatnya sesuai perintah Allah SWT.

Pentingnya Kitab Allah SWT bagi manusia, berikut ini adalah penjelasan tentang alasan manusia sangat membutuhkan kitab-kitab Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari :

Sebagai Petunjuk untuk Kehidupan

Kitab disebut sebagai Al-Huda, yang berarti sebagai petunjuk bagi umat manusia. Manusia memerlukan pedoman hidup agar terhindar dari perbuatan tercela. Di dalam kitab, ayat-ayat yang disampaikan memberikan petunjuk agar manusia bisa hidup dengan baik.

Itu sebabnya, beruntunglah bagi mereka yang berpedoman terhadap kitab-kitab Allah SWT. Mereka bisa merujuk kepada kitab manakala menemukan kesulitan dalam menentukan sesuatu. Segala aspek hukum juga diatur dalam kitab agar manusia senantiasa diridhoi oleh Allah SWT.

Sebagai Pemisah

Pemisah di sini bukan berarti agar manusia saling terpecah belah, namun kitab-kitab Allah SWT memberikan batas-batas tertentu. Di dalamnya dibahas tentang mana saja perbuatan yang hak, mana pula yang bersifat batil. Ada juga tentang perbuatan yang benar dan perbuatan yang salah.

Manusia yang beriman wajib menjauhi segala perbuatan yang salah dan batil. Di sisi lain, perbuatan yang hak dan benar harus selalu dilakukan oleh manusia. Allah SWT menjanjikan pahala yang berlimpah bagi manusia yang beriman pada kitab dan selalu taat dengan perintah-Nya.

Sebagai Obat

Penyakit hati seperti iri, dengki, syirik, dan hasud merupakan hal yang tak bisa dihindari oleh manusia. Oleh sebab itu, Allah SWT menurunkan wahyu kepada nabi-nabi berupa kitab. Kitab berisi tentang amal-amal baik, agar manusia terhindar dari sifat hati yang tercela.

Manakala manusia sudah merasa dirinya tercela, ada baiknya kitab-kitab menjadi tempat kembali. Tak hanya membaca kitab, manusia juga perlu mencari tahu maknanya. Dengan begitu, manusia akan tercerahkan kembali dan kembali berserah diri kepada Allah SWT.

Berisi Nasehat

Sepanjang hidupnya, manusia pasti membutuhkan nasehat. Tiada nasehat yang lebih baik daripada yang tertulis dalam kitab-kitab Allah SWT. Itu sebabnya manakala manusia menemukan kesulitan, kembali pada kitab untuk menemukan nasihat adalah jalan utamanya.

Isi nasehat dalam kitab selalu mengajarkan manusia agar kembali ke jalan Allah dan tetap memegang taqwa. Ada juga berbagai nasehat yang berisi peringatan, agar manusia terhindar dari maksiat dan perbuatan yang tidak disukai Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *