Penyebab Mengapa AC Tidak Dingin

5 Penyebab AC Tidak Dingin

Mengapa AC tidak dingin? Memakai AC adalah cara tepat untuk membuat ruangan menjadi nyaman. Namun sayangnya, kadang AC memiliki kendala seperti tidak terasa dingin. Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa AC tidak dingin, meski mesinnya tetap menyala

Berikut ini alasan mengapa AC tidak dingin :

Freonnya Habis atau Kosong

Freon adalah bahan utama pada AC yang menyebabkannya mengeluarkan angin yang dingin. Freon juga dikenal untuk mengisi kulkas. Jika freon di dalam mesinnya habis, tentu saja AC tetap nyala tapi tidak menghasilkan angin yang dingin.

Freon merupakan campuran senyawa, seperti hidrogen, broming, dan klorin. Penyebab lain freonnya yang habis dalam jangka waktu pendek biasanya adanya boro pada pipa sirkulasi AC. Freon yang habis menyebabkan tekanan mesin di bawah standar, sehingga hanya menghasilkan angin.

Filter pada AC yang Kotor

Memiliki AC ruangan harus berkomitmen untuk rajin membersihkannya. Bagian yang paling utama untuk dibersihkan adalah filter. Filter berfungsi untuk menyaring kotoran. Itu sebabnya jika jarang dibersihkan, maka kotoran akan menumpuk pada filter.

Filter yang kotor menyebabkan udara yang dihasilkan menjadi tidak dingin. Cara mengambil filter adalah dengan membuka bagian atas AC dan ambil filternya. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan deterjen. Pasang kembali jika filter sudah bersih dan dikeringkan.

Kondensor yang Kotor

Tak hanya filter, kondensor yang kotor juga bisa menghalangi AC menghasilkan udara yang dingin. Letak bagian ini ada di luar. Fungsi kondensor adalah memanaskan freon. Jika kotor, maka kondensor tak bisa berfungsi dengan baik.

Solusinya tentu saja dengan membersihkan bagian kondensor. Anda bisa menggunakan air yang mengandung sabun, kemudian siram bagian kondensor dengan air. Jika AC tak digunakan dalam waktu lama, tutup bagian ini agar tak mudah kotor.

Ruangan Terlalu Luas

Anda perlu mengetahui berapa luas ruangan yang akan menggunakan AC. Ukuran AC dengan ½ PK hanya cocok untuk ukuran 3mx3m. Sementara AC dengan ukuran 6mx6m membutuhkan Ac dengan ukuran 2 PK. Jika ruangan lebih luas, maka butuh lebih dari 1 AC agar ruangan mendingin.

Terlalu Banyak Orang di Ruangan

Jumlah orang yang terlalu banyak dalam sebuah ruangan juga membuat AC harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan. Alasan ini sering menjadi penyebab mengapa AC tidak dingin. Semakin banyak orang, maka semakin banyak karbondioksida dan membuat ruangan memanas.

Beberapa penyebab mengapa AC tidak dingin, telah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat ulasan ini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *