Mengapa Persebaran Penduduk di Indonesia Tidak Merata

Persebaran Penduduk di Indonesia Tidak Merata

Indonesia memiliki penduduk sebanyak 267,7 juta pada tahun 2018. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dan penurunan setiap bulannya, diakibatkan kematian dan kelahiran yang terjadi setiap saat. Menjadi pertanyaan bahwa kenapa penduduk Indonesia tidak tersebar secara merata?

Hal tersebut dalam artian, pada beberapa daerah, penduduk di kota lebih banyak dibandingkan yang ada di desa. Simak jawabannya pada bacaan di bawah ini:

Tahukah Anda bahwasanya provinsi paling padat penduduk adalah DKI Jakarta, disusul dengan Jawa Barat, Banten, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Penduduk yang tidak merata di beberapa provinsi ini diakibatkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah:

Kualitas Tanah di Sebuah Wilayah Kurang Baik

Pertama adalah kualitas tanah yang tidak baik sebagai penghidupan utama manusia, tempat bercocok tanam, tempat tinggal, dan masih banyak lagi yang lainnya. Beberapa orang menginginkan berada di daerah yang subur agar memudahkan segala urusan.

Beberapa provinsi seperti Jawa Timur, Bali, dan Jawa Tengah memiliki tanah dengan tingkat kesuburan yang tinggi. Tak heran, jika diincar oleh para perantau dari daerah lain.

Ketersediaan Lapangan Kerja yang Terbatas

Penyebab yang kedua adalah ketersediaan lapangan kerja yang terbatas. Hal ini dikarenakan para investor akan memperhatikan tingkat keramaian, potensi berkembang, dan keuntungan yang didapatkan sebelum mendirikan sebuah lapangan pekerjaan.

Rata-rata, berada di kota karena terdapat kemudahan akses, penduduk yang padat, sehingga lebih mudah mencari target pasar dan mendapatkan keuntungan. Sedangkan di desa, lapangan pekerjaan hanya sebatas wirausaha, bercocok tanam, dan beternak.

Ditambah saat ini muncul pemikiran antara tradisional dengan modern, semakin memperjelas persebaran penduduk yang tidak merata.

Sarana dan Prasarana yang Tidak Merata

Masyarakat akan mencari daerah dengan sarana dan prasarana yang lengkap. Kemudahan mencari kebutuhan pokok, sekunder, atau tersier adalah salah satu alasannya. Hal inilah yang membuat pemerintah mulai melakukan pembangunan di beberapa desa.

Masyarakat mulai merasakan kemudahan, namun tetap saja jumlah perantau dari satu daerah ke yang lain masih tinggi. Perlu perbaikan dari semua aspek agar persebaran penduduk Indonesia merata.

Demikian informasi mengenai mengapa persebaran penduduk di Indonesia tidak merata. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *