Mengapa Pesawat Bisa Terbang

Pesawat Transportasi Udara

Pesawat merupakan transportasi udara yang diklaim sangat aman daripada kendaraan yang lain. Namun, tak banyak yang tahu mengapa pesawat bisa terbang. Beberapa alasan tentang kendaraan pesawat ini bisa melayang di udara coba dituliskan di bawah ini.

Pesawat Terbang

Pesawat terbang adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri.

Bagaimana Pesawat Bisa Terbang

Pesawat bisa melesat terbang ke udara dikarenakan adanya momentum dari dorongan mesin pesawat secara horizontal, lalu, hasil dari dorongan tersebut akan menyebabkan adanya perbedaan kecepatan aliran udara diatas dan dibawah sayap pesawat.

Alasan Mengapa Pesawat Bisa Terbang

Sebagian besar pesawat sudah menggunakan mesin jet. Namun, untuk pesawat komersil masih menggunakan prinsip dari penemuan Wright Brothers. Untuk bisa terbang, perancangan pesawat telah memodifikasi prinsip flyer dengan menggunakan komponen yang ada di pesawat.

Beberapa alasannya berikut ini :

Adanya Gaya Angkat pada Pesawat

Hal utama yang dibutuhkan agar pesawat bisa terbang tentu berupa gaya angkat. Gaya ini dihasilkan dari desakan maju ke arah depan. Desakan tersebut merupakan hasil gerak dari baling-baling pesawat. Prinsip kerja ini melawan gravitasi sehingga pesawat bisa terangkat ke atas.

Kelajuan Udara pada Sayap

Sayap pesawat adalah penampang untuk membuat kelajuan udara menjadi berbeda. Laju udara yang lewat di bagian atas penampang sayap berukuran lebih besar daripada yang bawah. Begitu juga sifat kerapatannya yang lebih rapat udara di sayap atas daripada sayap bawah.

Adanya perbedaan kelajuan udara dan kerapatannya mengakibatkan kecepatan udara yang berbeda pula. Sisi sayap atas memiliki kecepatan udara yang jauh lebih besar. Semakin besar kecepatannya, semakin kecil pula tekanannya. Itu sebabnya pesawat bisa terangkat.

Adanya Gaya Dorong

Mesin pesawat menggunakan turbofan. Nah, turbofan sendiri merupakan alat yang terdiri dari turbin dan fan. Fan akan bekerja sebagai sebuah kompresor. Udara dari luar akan masuk ke dalam fan. Hasil kompresi udara luar tersebut menghasilkan tekanan yang sangat tinggi.

Udara dengan tekanan yang tinggi akan bekerja ke dalam ruang pembakaran. Udara dan avtur akan meningkatkan suhu dan tekanan fluida, kemudian fluida akan keluar lewat turbin dengan kecepatan yang sangat tinggi. Perbedaan tekanan masuk dan keluar menghasilkan gaya dorong.

Pesawat Memiliki Gaya Hambat

Gaya hambat merupakan gaya yang dihasilkan pesawat untuk menghambatnya maju ke depan. Drag atau gaya hambat terjadi akibat adanya perbedaan tekanan di bagian belakang dan bagian depan yang disebabkan momentum saat bergesekan dengan udara.

Mengapa pesawat bisa terbang juga dipengaruhi oleh luas penampang yang melewati udara. Semakin besar luasnya, maka semakin besar nilai gaya hambatnya. Itu sebabnya bagian depan pesawat berbentuk tajam, sementara bodi belakang pesawat dibuat lebih lebar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *