Posisi Yang Benar Dalam Menyusui

Posisi Yang Benar Dalam Menyusui

Moms yang baru saja melewati proses persalinan, wajib mengetahui posisi menyusui bayi baru lahir agar proses menyusui terasa nyaman bagi ibu maupun bayinya.

Selain itu, posisi menyusui bayi baru lahir yang benar juga akan menghindari Moms dari rasa sakit, berupa puting lecet atauĀ payudara bengkak.

Awal-awal menyusui mungkin menjadi tantangan tersendiri dan hal ini merupakan sesuatu yang wajar, Moms.

Hal pertama yang sebaiknya Moms perhatikan, yaitu belajarlah mengenali isyarat menyusu pada bayi dengan lebih awal sehingga Moms punya waktu untuk mendapatkan posisi yang baik sebelum Si Kecil sangat haus atau lapar dan ingin menyusu

Isyarat atau tanda-tanda awal yang menunjukkan bayi merasa ingin menyusu, meliputi bayi membuka mulutnya, menggerakkan kepalanya dari sisi ke sisi atau juga dikenal sebagaiĀ refleks rooting, mengisap tangan dan jari. Pastikan moms sudah benar dalam menyusui bayi

  • Posisikan diri dengan nyaman, gunakan sandaran punggung berupa bantal yang menopang lengan dan bayi
  • Posisikan bayi di dekat Moms, dengan pinggul tertekuk, sehingga ia tidak perlu menoleh untuk meraih payudara
  • Pastikan mulut dan hidung bayi menghadap puting susu
  • Tubuhnya harus sangat dekat sehingga bayi benar-benar menyentuh Moms
  • Jika memungkinkan, minta seseorang penolong untuk menyerahkan bayi setelah Moms mendapatkan posisi nyaman
  • Sangga payudara agar tidak menekan dagu bayi
  • Dagu dan hidung bayi harus menyentuh payudara
  • Pasangkan atau tempelkan bayi ke payudara, dorong dia untuk membuka mulutnya lebar-lebar dan menariknya mendekat dengan menopang punggungnya (bukan bagian belakang kepalanya) sehingga dagunya menyentuh payudara terlebih dahulu.
  • Tangan Moms berfungsi untuk membentuk “leher kedua” bayi, jadi tubuh mereka aman

Setelah mengikuti tips posisi menyusui bayi baru lahir di atas, mulailah menyusui dan nikmati. Jika Moms merasa sakit, lepaskan bayi dengan lembut dan coba lagi.

Moms bisa banyak mengetahui hal lainnya seputar bayi baru lahir, mulai dari cara menggendong, imunisasi pada bayi hanya dengan mengunjungi https://merries.co.id/community-parenting/kesehatan/kiat-menyusui-bayi-baru-lahir banyak informasi untuk menambah pengetahuan para ibu.

Pastikan dalam menyusui moms juga menggunakan popok yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan, dapatkan produk popok untuk kulit sensitif dari Merries.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *