Mengapa darah berwarna merah

Darah Berwarna Merah, Karena Berikut Ini

Mengapa darah berwarna merah? Nah, Anda perlu tahu bahwasanya darah dalam tubuh manusia berjumlah 8%. Komponen penyusunnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu plasma dan sel darah yang meliputi eritrosit, trombosit, dan leukosit. Namun, pernahkah Anda berpikir mengapa darah berwarna merah? Cek jawabannya di bawah ini, ya!

Fungsi Darah dalam Tubuh Manusia

Keberadaan darah sangat penting bagi tubuh manusia. Hal ini dikarenakan ia memiliki beberapa fungsi yang dibagi menjadi tiga jenis, ini dia penjelasan lengkapnya:

1. Sebagai Alat transportasi

Darah disebut sebagai alat transportasi karena berfungsi untuk mengedarkan zat yang diperlukan oleh manusia. Contohnya adalah hormon, nutrisi, dan oksigen. Apabila terjadi masalah pada darah, maka keseimbangan tubuh juga ikut terganggu.

2. Alat Regulasi

Fungsi darah yang kedua adalah sebagai alat regulasi, artinya sebagai penyeimbang suhu tubuh. Bagian plasma berfungsi untuk mengabsorbsi panas. Suhu lingkungan yang mengalami kenaikan mengakibatkan darah akan meluas dan mengalir lebih lambat.

Kerja plasma darah adalah menghilangkan panas tersebut. Sedangkan, ketika suhu lingkungan turun, pembuluh akan mengecil dan senantiasa menjaga panas di dalamnya.

3. Alat Proteksi

Darah juga memiliki fungsi proteksi yang melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Sel darah putih akan meningkat ketika terjadi peradangan atau infeksi, dan memakan bakteri yang sudah mati.

Mengapa Darah Berwarna Merah?

Mengapa darah berwarna merah? Jawabannya karena hal ini berkaitan dengan bahan penyusunnya. Darah mengandung senyawa hemoglobin yang membawa dan mengikat oksigen agar tetap berada di dalam darah.

Hemoglobin ini juga mengandung ikatan protein yang mengikat heme (struktur kimia). Heme yang berkumpul di dalam hemoglobin inilah yang menyebabkan kenapa darah berwarna merah.

Jadi, mengapa darah manusia berwarna merah karena mengandung protein hemoglobin.

Pada bagian tengah heme, terdapat zat besi yang juga membuatnya berwarna merah ataupun kecoklatan. Kesimpulannya, darah berwarna merah karena di dalamnya juga terdapat jutaan sel yang berwarna merah pula.

Contoh yang sama terjadi pada tumbuhan yang memiliki senyawa klorofil dan magnesium yang ternyata membuat daun berwarna hijau. Hal yang sama terjadi pada hewan tertentu yang memiliki atom tembaga untuk mengikat oksigen yang menyebabkan darahnya berwarna biru.

Nah, hal tersebut menjadi pertanyaan kenapa pembuluh darah tidak berwarna merah, malah biru? Hal ini dikarenakan cahaya yang masuk ke dalam kulit menciptakan sebuah ilusi, karena sebenarnya pembuluh darah berwarna merah muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *