Apa Itu LSI Keyword ? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Bagi Anda penulis atau blogger, membuat tulisan yang bagus dan menarik di sebuah blog atau website belumlah cukup. Agar tulisan atau artikel Anda dapat dibaca dan dicari oleh banyak orang, Anda perlu pahami apa itu LSI Keyword.

LSI singkatan dari Latent Semantic Indexing.

Dan LSI Keyword adalah keyword yang berhubungan dengan keyword utama. LSI Keyword juga merupakan salah satu faktor utama yang menetapkan peringkat suatu situs pada mesin pencari.

Ketika Anda akan menulis artikel dan ingin artikel Anda terbaca di halaman pertama mesin pencari, Anda perlu mencari kata kunci yang sering dicari orang ketika mereka browsing mencari apa yang sedang mereka butuhkan.

Walau belum menjamin juga tulisan Anda akan berada di posisi halaman satu di mesin pencari, karena tentu persaingan antar artikel yang lebih memiliki kualitas dalam penulisan mereka.

Untuk secara manual, Anda bisa mengecek LSI Keyword dari artikel yang akan Anda tulis di mesin pencari seperti google, Bing, Opera dan masih banyak lagi.

Misalnya ketika Anda sedang ingin menulis tentang ‘Branding’, maka Anda bisa mengetik kalimat ‘Branding’ di mesin pencari, maka otomatis akan keluar artikel seputar ‘Branding’ yang sifatnya umum dan belum spesifik.

Jika Anda ingin artikel Anda dicari orang banyak, maka buatlah kalimat ‘Branding’ tadi dengan satu kalimat keyword yang tentunya berhubungan dengan artikel yang Anda buat. Misalnya ‘Strategi Membangun Branding’.

Dengan spesifik seperti ini, akan lebih memudahkan mesin pencari memasukan artikel Anda dalam pencarian. Gambar dibawah ini adalah contoh ketika Anda mencari di google untuk ‘Strategi Membangun Branding”, maka LSI Keyword yang keluar seperti ini.

Penjelasan tentang LSI Keyword

Mengecek LSI Keyword pun bisa menggunakan LSI Keyword Tools. Sebab ketika Anda mencari keyword dengan menggunakan LSI Keyword tools, hasilnya akan sangat efektif untuk meningkatkan traffic SEO serta relevansinya pada hasil pencarian dan peringkat.

Ada perangkat lunak atau alat yang menyediakan fasilitas untuk membantu Anda menemukan kata kunci LSI. Seperti Google Adwords, LSI Keyword Generator, Google Trends, Ultimate Keyword Hunter, Ubersuggest, LSI Graph dan Niche Laboratory.

Beberapa perangkat lunak ini sangat berguna dalam menemukan LSI Keyword. Perangkat ini memberikan beberapa saran pencarian Google yang tentunya sangat mudah dan juga sangat ramah pengguna.

Agar artikel Anda menjadi salah satu artikel yang banyak dicari orang, penempatan LSI Keyword juga harus tepat. Sebab jika tidak tepat, posisi artikel Anda akan kalah saing dengan artikel lainnya.

Baca juga : Jasa SEO terbaik

Anda bisa perhatikan, terkadang ketika Anda browsing sesuatu lalu muncul lah referensi beberapa artikel yang relate dengan apa yang Anda cari di halaman pertama mesin pencari. Tetapi ketika Anda buka link artikel tersebut, Anda merasa tidak puas dengan artikel yang Anda baca.

Bisa jadi karena kualitas konten tulisan yang kurang menarik, lalu kedua website yang tampilannya biasa saja, ketiga juga tulisan yang terlalu singkat dan kurang dalam memberikan penjelasan.

Artikel seperti ini tandanya adalah mereka sudah tepat menggunakan LSI Keywordnya dan sudah tepat menaruh posisi LSI Keywordnya di artikel mereka. Sehingga artikel mereka terbaca oleh mesin pencari.

Oleh karena itu, Anda perlu tahu dimana sebaiknya menempatkan LSI Keyword yang sudah Anda cari tersebut di artikel Anda. Berikut ini ada beberapa tips untuk Anda mengenai bagaimana menggunakan LSI Keyword pada artikel Anda.

  • Letakkan lah LSI Keyword pada judul artikel yang Anda buat.
  • Agar maksimal maka Masukkan LSI keyword pada meta description (Meta Tag) artikel Anda.
  • Sebisa mungkin untuk menghindari penggunaan LSI keyword yang berlebihan di dalam artikel. Hal ini dapat menyebabkan keyword stuffing pada artikel Anda.
  • Ketika Anda menulis artikel dengan model tulisan narasi atau listicle dan menggunakan gambar pada artikel Anda, maka gunakan LSI Keyword saat mengganti nama gambar setiap kali Anda akan menggunakannya.

 

Mungkin Anda bertanya kenapa artikel Anda perlu menggunakan LSI Keyword, memangnya apa manfaat bagi tulisan dan bahkan website Anda?

Berikut ini beberapa manfaat ketika Anda memakai LSI Keyword pada tulisan Anda.

1. Meningkatkan Peringkat Website

Website Anda akan naik peringkatnya di mesin pencari. LSI Keyword pada konten dapat membantu mesin pencari memahami halaman konten Anda. Kalau sudah seperti ini, maka mesin pencari akan menaikkan peringkat website Anda.

2. Pengunjung Meningkat

Ketika peringkat website Anda naik, artinya Anda perlu bersiap mendapatkan pengunjung yang banyak yang akan mengunjungi website Anda. Dengan begini Anda perlu mempersiapkan kapasitas website Anda dengan baik, agar website Anda tidak down.

3. Meningkatkan Relevansi Konten Anda.

Ketika Anda menambahkan LSI Keyword, maka ketika orang-orang mengetikkan kata kunci yang relevan dengan topik yang Anda bahas, mereka akan menemukan konten Anda. Konten yang tidak relevan tentu tidak akan ditemukan.

Dengan LSI Keyword yang membuat artikel Anda berada di peringkat pertama halaman mesin pencari, maka tentu saja kredibilitas Anda sebagai penulis akan naik. Orang-orang akan semakin mengenal tulisan atau artikel-artikel Anda ketika mereka browsing mencari artikel yang mereka butuhkan.

Hal ini tentu tidak lepas dari konten tulisan Anda yang berkualitas dan juga dukungan website yang bagus. Website yang bagus tidak hanya dari tampilan desain yang menarik saja tapi juga kapasitas bandwithnya yang membantu website Anda tidak down dan lambat.

Bayangkan ketika ada pengunjung yang mencari sebuah artikel yang sangat mereka butuhkan, lalu muncullah artikel Anda. Tetapi ketika mereka meng-klik artikel Anda, lalu artikel Anda lambat dibukanya atau istilahnya lemot.

Ketika ini terjadi maka pengunjung Anda membatalkan berkunjung ke website Anda dan memutuskan mencari artikel lain yang serupa tetapi memiliki website yang cepat ketika dibuka.

Website yang lambat atau lemot berdampak negatif pada pertumbuhan pengunjung. Selain itu dapat meningkatkan presentasi bounce rate yaitu pengunjung yang baru buka website Anda lalu website Anda lemot, mereka langsung mengganti website Anda lalu menekan tombol back.

Apa sih yang menyebabkan website lemot? Bisa jadi karena jaringan, browser, perangkat yang sedang tidak stabil dan Web hosting atau Server yang bermasalah. Karena itu pilihlah web hosting yang terbaik seperti Domainesia.com.

Domainesia.com dapat menyelesaikan masalah-masalah seperti ini sebab pengalaman dari Domainesia.com sudah tidak perlu diragukan lagi karena dari tahun 2009 DomaiNesia telah menyediakan solusi web hosting yang andal, terukur, dan aman untuk individu dan bisnis dari semua ukuran.

Domainesia sendiri selalu memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggannya dengan memanfaatkan sistem otomasi yang efektif dan efisien untuk menghilangkan kerepotan.

Jika hosting Anda selama ini bermasalah, Anda bisa migrasi ke Domainesia.com. Informasi detailnya Anda bisa menghubungi customer carenya yang akan menjelaskan dan memberikan solusi kepada Anda.

Jadi menggunakan LSI Keyword saja tidak cukup tanpa support system dari website Anda

 

 

Categories SEO

Leave a Comment