Mengapa interaksi sosial dikatakan sebagai kunci dari semua kehidupan sosial

Bentuk Interaksi Sosial

Mengapa interaksi sosial dikatakan sebagai kunci dari semua kehidupan sosial? Kehidupan manusia sehari-hari tidak akan bisa lepas dari interaksi. Interaksi antar individu maupun terhadap kelompok disebut sebagai interaksi sosial. Bagi yang belum tahu, interaksi sosial merupakan adalah hal yang penting dikarenakan manusia adalah makhluk sosial.

Anda pasti tahu, bahwa sebagai makhluk sosial manusia tidak bisa hidup maupun berdiri sendiri, sehingga interaksi sosial-lah yang akan menjembatani hal tersebut.

Pengertian Interaksi Sosial

Interaksi sosial adalah hubungan antara manusia yang satu dengan yang lain yang menimbulkan suatu proses pengaruh atau hubungan timbal balik ataupun reaksi timbal balik

Interaksi sosial dapat terjadi jika ada kontak sosial dan komunikasi.

Interaksi Sosial Sebagai Kunci Kehidupan Sosial

Interaksi sosial sebagai kunci kehidupan sosial sebenarnya bukan tanpa alasan, berikut penjelaannya :

Di Dalamnya Terdapat Komunikasi

Manusia tak lepas dari komunikasi. Apa yang diinginkan, apa yang ingin dicapai, dan semua kebutuhan terkait individu memerlukan komunikasi. Komunikasi adalah cara utama agar tujuan bisa tercapai, baik menggunakan bahasa, simbol, atau isyarat.

Adanya komunikasi membentuk kehidupan sosial. Tanpa adanya komunikasi, hubungan antar individu atau kelompok tak akan pernah terjadi. Komunikasi juga cara yang tepat untuk menghindari pertikaian. Kontak langsung ini juga jadi cara agar tafsiran suatu hal lebih mudah dipahami.

Adanya Kerja Sama

Untuk mencapai sebuah tujuan tertentu, individu memerlukan bantuan orang lain. Kerja sama ini adalah bentuk dari sebuah kehidupan sosial. Salah satu syarat agar kerja sama terbentuk adalah interaksi sosial dengan cara berkomunikasi satu sama lain.

Kerja sama adalah sebuah stimulus yang diberikan oleh individu maupun kelompok kepada pihak lain. Pihak lain nantinya akan merespon stimulus tersebut. Adanya timbal balik ini merupakan bukti, bahwa interaksi sosial akan membentuk sebuah kehidupan dalam bentuk yang positif.

Interaksi adalah Sebuah Kontak Sosial

Apapun bentuk komunikasi yang disampaikan individu atau kelompok kepada pihak lain, bentuk tersebut merupakan kontak sosial. Kontak terdiri dari kata con yang artinya bersama dan tango yang memiliki arti menyentuh. Secara harfiah, kontak berarti menyentuh bersama-sama.

Stimulasi yang diberikan oleh seorang individu tentunya akan mendapatkan respon. Respon bisa berbentuk positif dan negatif. Perbedaan tersebut bukanlah sebuah masalah mengingat manusia memiliki perbedaan persepsi. Yang pasti, kontak sosial membentuk sebuah jalan hidup yang baru.

Terdapat Sugesti dan Identifikasi

Manusia tak akan pernah bisa lepas dari sugesti. Sugesti merupakan stimulus yang diberikan pihak lain yang kemudian diyakini atau dipertimbangkan. Terciptanya sugesti akan melahirkan pola kehidupan sosial akibat adanya interaksi.

Selain sugesti, manusia juga cenderung akan mengidentifikasi segala sesuatu. Proses identifikasi ini membutuhkan interaksi dengan pihak lain, baik langsung maupun tidak langsung. Kehidupan sosial tak bisa lepas dari aktivitas identifikasi untuk mendapatkan hasil yang rasional.

Demikian rangkuman mengapa interaksi sosial dikatakan sebagai kunci dari semua kehidupan sosial. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *